505 Rumah di Kabupaten Bogor Rusak Dihantam Longsor

Titik longsor terdeteksi di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Titik longsor terdeteksi di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Bogor: Sebanyak 42 titik longsor terdeteksi di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Akibat longsor itu 505 rumah warga rusak.

"Jenis kerusakan beragam," kata Kapolsek Nanggung AKP Asep Saepudin saat dihubungi medcom.id Bogor, Jawa Barat, Senin, 6 Januari 2020.

Asep memerinci 42 titik longsor yang tersebar di tujuh dwsa itu. Yakni, lima titik longsor di Desa Nanggung, dua titik longsor di Desa Parakan Muncang, tiga titik longsor di Desa Bantar Karet, empat titik longsor di Desa Pangkal Jaya, satu titik longsor di Desa Malasari, 15 titik longsor di Desa Cisarua Kecamatan Nanggung, dan 12 titik longsor di Desa Curug Bitung.

Pihaknya saat ini sedang mengupayakan penanggulangan bersama dengan semua pihak. Saat ini sudah ada tujuh posko pengungsian yang dibangun bersama dengan para pihak khususnya dengan Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana).

"Tujuh posko pengungsian ini terletak di masing-masing kantor Desa pada lokasi titik bencana," kata Asep. 

Menurut Asep, untuk masyarakat atau relawan yang ingin menyalurkan bantuan silahkan menuju posko bantuan yang terlah tersedia. Kegiatan penyaluran bantuan terus dilakukan guna menciptakan kondusifitas di wilayah terdampak longsor. 

"Bantuan kita salurkan ke posko-posko pengungsian yang sudah di bangun di tiap-tiap kantor desa terdampak", pungkas Asep. 

(IDM)