Densus 88 Tangkap Satu Buronan Terduga Teroris di Sukabumi

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Detasemen Khusus (Densus) 88 terus menggencarkan operasi penangkapan terhadap para terduga teroris. Kali ini, mereka berhasil menangkap terduga teroris yang masuk daftar pencarian orang (DPO) di Desa Cinereng, Kecamatan Pura Baya, Kabupaten Sukabumi. Diketahui, terduga teroris tersebut berinisial YI.

"Ada penangkapan DPO oleh Satgas (Satuan Tugas Densus 88) Wilayah DKI Jakarta," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada Medcom.id, Kamis, 6 Mei 2021.

Terkait detail waktu penangkapan, Ramadhan tidak mengetahui hal tersebut. Saat ini, YI sudah dibawa oleh penyidik Densus 88 ke Polda Metro Jaya untuk diperiksa intensif.

YI berhubungan dengan Husein Hasni

Ramadhan menyebutka YI berhubungan dengan Husein Hasni (HH), teroris yang ditangkap di Condet, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. YI berperan untuk merencanakan dan membuat bom di rumah  HH.

Baca juga: Mahfud MD: 417 Orang Masuk Daftar Teroris

YI juga terlibat dalam percobaan bom di Ciampea, Bogor, Jawa Barat. Lokasi percobaan peledakan bom di Ciampea disediakan terduga teroris yang lebih dahulu ditangkap, yakni W.

W diringkus di kediamannya Jalan TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakarta Timur, sekitar pukul 13.00 WIB, Jumat, 9 April 2021. W telah ditahan di Polda Metro Jaya.

"Peran YI lainnya mengetahui pembelian remote dan aseton," ujar Ramadhan.

YI telah ditetapkan sebagai tersangka. Dia dibawa ke Polda Metro Jaya untuk diperiksa lebih lanjut.

Tersangka teroris Husein Hasni, eks anggota Front Pembela Islam (FPI), ditangkap pada Senin, 29 Maret 2021. Dia berperan sebagai perencana, pengatur taktis, dan teknis aksi terorisme. 

Dia juga hadir dalam beberapa pertemuan untuk mempersiapkan kegiatan-kegiatan amaliah. Husein turut membiayai dan mengirimkan video tentang teknik pembuatan bom. (Siti Yona Hukmana)



(SYI)

Berita Terkait