Desa Terisolasi Akibat Longsor di Bogor Belum Terima Bantuan

Warga terdampak longsor di Desa Sukajaya, Bogor, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Rizky D Warga terdampak longsor di Desa Sukajaya, Bogor, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Rizky D
Bogor: Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjadi salah satu wilayah terdampak longsor paling parah. Bantuan logistik belum bisa menembus desa tersebut.

"Total pengungsi sementara yang telah terdata ada 844 jiwa mengungsio ke kantor desa dan SD Negeri Sukajaya," ujar petugas pusat data bencana Desa Harkatjaya, Dodi Gunawan, 32, ditemui di kantor Desa Harkatjaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 2 Januari 2020.

Dia menyakini jumlah warga terdampak terus bertambah. Pasalnya beberapa warga di dusun satu dan dua belum mendaftarkan diri.

Dodi mengungkap bantuan logistik dari Pemkab Bogor belum bisa masuk ke Desa Harkatjaya, lantaran akses jalan terputus. Dia mengatakan sedikitnya 20 bangunan rumah terdampak longsor.

"Bantuan yang masyarakat butuhkan saat ini, berupa konsumsi, tenda, selimut, obat-obatan  dan keperluan anak juga alat penerangan karena listrik mati disini," ungkap Dodi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, alat berat tampak sedang dioperasikan untuk membuka jalur bagi warga. Beberapa anggota kepolisian dan TNI sudah menuju ke lokasi untuk membantu evakuasi warga. 

(IDM)