Tetap Waspada, BMKG Sebut Jawa Barat Rawan Banjir Bandang

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bogor mengimbau masyarakat Jawa Barat agar tetap waspada terhadap cuaca ekstrem. Selain itu, potensi banjir bandang juga masih mengancam di Jabar.

"Perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, puting-beliung, maupun hujan ringan hingga sedang yang berlangsung secara terus-menerus. Cuaca seperti ini rawan menimbulkan terjadinya banjir bandang," kata Kepala Stasiun Klimatologi Bogor BMKG, Abdul Mutholib, dalam keterangan resminya, seperti dilansir dari Mediaindonesia.com.

Seiring dengan datangnya puncak musim hujan, potensi bencana hidrometeorologi semakin meningkat. Sehingga, masyarakat harus mewaspadai terjadinya bencana akibat faktor cuaca, seperti banjir, longsor, hingga puting beliung.

Selamat tiga hari ke depan, jelas Abdul, potensi hujan sedang hingga lebat masih terdeteksi di wilayah Perkebenunan Teh Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hal ini harus diwaspadai karena kawasan itu baru saja diterjang banjir bandang pada Selasa, 19 Januari 2021 pagi.

Dari data BMKG, Pos Hujan Gunung Mas Puncak mencatat curah hujan dengan intensitas ekstrem sebesar 107,5 milimeter (hujan sangat lebat). Sementara, pos pengamatan Naringgul Puncak mencatat curah hujan sebesar 112 milimeter (hujan sangat lebat).

Berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer, proses pertumbuhan awan hujan pada saat tanggal kejadian banjir bandang dipicu oleh kondisi atmoesfer yang labil. 

“Hal ini juga didukung oleh kondisi anomali suhu permukaan laut yang masih hangat serta terdapatnya daerah perlambatan angin yang melewati wilayah Jawa Barat, sehingga meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Barat," jelas Abdul.

Selalu waspada dan siap siaga selama musim hujan ini ya! Bagi yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor harus lebih hati-hati ketika hujan lebat. Kalian juga harus hindari berada di bawah pohon untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang di saat hujan disertai angin kencang. 



(SYI)

Berita Terkait