Gulungan Kain di Mobil Box Bergerak, Petugas Mendapati Pemudik di Dalamnya

Petugas di Pos Gentong, Tasikmalaya, meminta pemudik yang tidak melengkapi persyaratan mudik putar balik, Kamis, 6 Mei 2021. MI/Kristiadi Petugas di Pos Gentong, Tasikmalaya, meminta pemudik yang tidak melengkapi persyaratan mudik putar balik, Kamis, 6 Mei 2021. MI/Kristiadi

Dadali: Ada-ada saja akal para pemudik yang nekat pulang kampung di masa larangan mudik Lebaran 2021. Di Pos Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, petugas mendapati seorang pemudik yang bersembunyi di dalam mobil box yang membawa gulungan kain.

Pemudik itu ketahuan usai petugas merasa curiga ketika melihat kain bergerak-gerak. Ketika gulungan kainnya dibuka, ternyata ada manusia di dalamnya.

"Para pemudik mulai melakukan berbagai cara supaya bisa melintasi pos penyekatan yang dijaga oleh aparat gabungan dari TNI, Polisi, BPBD, Dishub dan Brimob. Kami menemukan pria dan motor disembunyikan di dalam kain dalam mobil box. Karena, mereka tidak memiliki surat bebas Covid-19 berupa swab antigen dan swab PCR kita suruh balik," kata Perwira Pengendali Pos Gentong, Tasikmalaya Kompol Gunarto, Kamis malam, 6 Mei 2021, seperti dilansir dari Mediaindonesia.com.

Pemudik tersebut mencoba untuk mengakali petugas dengan mengumpat di dalam gulungan kain agar ia bisa mudik dari Bandung ke Majenang, Cilacap, Jawa Tengah. Pemudik kemungkinan bergerak-gerak ketika diperiksa petugas lantaran merasa panas dan pengap di dalam mobil box.

Baca juga: Awalnya Diperbolehkan, Kini Mudik di Wilayah Aglomerasi Juga Dilarang

"Salah seorang petugas Pos Gentong, curiga adanya gerakan pada tumpukan kain dan saat diperiksa ternyata orang bersembunyi dalam gulungan kain. Kami juga meminta keterangan pria tersebut mengaku pemudik, akan pulang ke Majenang, Kabupaten Cilacap, Jateng," jelas Kompol Gunarto.

Di hari pertama larangan mudik ini, di Pos Gentong tercatat ada 308 unit mobil prbadi, motor 229 unit, travel, truk dan bus 18 unit diminta putar balik ke arah Bandung. 

Jalur lintas selatan melalui Gentong sendiri merupakan jalur alternatif Selatan Jawa dari arah Jakarta, Bandung, Garut, Tasikmalaya menuju Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali. Selama ini, jalur Gentong menjadi titik langganan kemacetan terparah seperti di tahun-tahun sebelumnya. (Adi Kristiadi)



(SYI)

Berita Terkait