Waspada! Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Bandung Sudah Terisi 90,37 Persen

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Bandung: Kota Bandung mengalami lonjakan kasus covid-19 pada Rabu, 25 November 2020. Tercatat, penambahan kasus dalam sehari itu sebanyak 139 orang. Berdasarkan data dari pusat informasi covid-19 (Pusicov) Kota Bandung, hingga Rabu, 25 November 2020, total kasus aktif mencapai 623 kasus.

Meningkatnya kasus covid-19 di Bandung berdampak terhadap ketersediaan tempat tidur di beberapa rumah sakit dan hotel rujukan covid-19. Hal tersebut menjerumuskan Bandung masuk kondisi darurat.

“Tempat tidur diangka 90,37 persen dari 789 tempat tidur terisi 730,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Kota Bandung, Ema Sumarna, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Bandung, Kamis, 26 November 2020.

Kondisi ini tentunya sangat mengkhawatirka bagi Pemkot Bandung. Apalagi terdapat sejumlah pasien yang menunggu giliran untuk mendapatkan jatah perawatan di lokasi rujukan isolasi covid-19.

“59 waiting list. Jadi ini masuk ke situasi yang cukup darurat Bandung ini,” ungkapnya.

Dengan ini, Ema menugaskan setiap kecamatan di Bandung untuk menyediakn tempat isolasi. Tempat ini diperuntukan untuk merawat pasien covid-19 khususnya yang tanpa gejala.

“Pak Camat bisa memanfaatkan kantor RW, tapi setelah ada rekomendasi petugas kesehatan karena harus ada standar,” jelasnya.



(SYI)

Berita Terkait