Sejumlah Wilayah Jabar Bakal Diguyur Hujan Disertai Kilat dan Angin Kencang

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, hingga angin puting beliung bisa terjadi kapan saja. Secara umum, bencana tersebut tak hanya terjadi saat musim hujan, tetapi juga bisa terjadi di musim kemarau.

Masyarakat diharap untuk lebih waspada dalam mengamati hal tersebut. Salah satunya dengan mengecek prakiraan cuaca di daerahnya masing-masing. 

Khusus wilayah Jawa Barat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengunggah prakiraan cuaca untuk Rabu, 16 Juni 2021 di akun Twitter @BMKGBandung. Pagi ini, cuaca di Jawa Barat secara umum berawan hingga hujan ringan. Tetapi, berpotensi cerah berawan di wilayah Soreang, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, dan Cianjur.

Pada siang sampai sore hari, secara umum cuaca di Jabar berpotensi cerah berawan dan hujan ringan. Sementara, untuk wilayah Lembang, Singaparna, Sukabumi, dan Bandung diprediksi hujan petir.

Kemudian, pada malam hari cuaca di Jabar diramal cerah berawan. Namun, berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Parigi, Singaparna, Pelabuhan Ratu, dan Garut. 

Pada dini hari, cuaca di Jabar secara umum hujan ringan. Sedangkan untuk wilayah Pelabuhan Ratu dan Sukabumi diprediksi hujan sedang. Terkecuali untuk wilayah Lembang, Sumedang, Sumber, Kuningan, Indramayu, Garut, Cirebon, Cimahi, Cianjur, dan Bandung diramal berawan.

Suhu udara di wilayah Jabar berkisar dari 19 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembapan udara 70-95 persen. Angin di Jabar berembus dari Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan 10-35 kilometer per jam. 

BMKG Bandung memberikan peringatan dini untuk mewaspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten  Indramayu, dan Kabupaten Cirebon.

Cuaca serupa juga bakal terjadi pada siang/sore hingga malam hari di wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi, Cianjur, Kabupaten dan Kota Bogor, Bandung Barat, Kabupaten dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Karawang, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota Depok, Sumedang, Kabupaten dan Kota Cirebon, Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kuningan, Kota Banjar, Pangandaran, Ciamis, Subang, dan Purwakarta.

Selanjutnya, untuk wilayah Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran juga bakal dilanda cuaca yang sama pada dini hari.

Selalu waspada dan siap siaga di mana pun kalian berada ya! Bagi yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor harus lebih hati-hati ketika hujan lebat. Kalian juga harus hindari berada di bawah pohon untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang di saat hujan disertai angin kencang. 



(SYI)

Berita Terkait