Ini 5 Manfaat Daun Kelor untuk Perawatan Wajah

Daun kelor. Doc : Istimewa. Daun kelor. Doc : Istimewa.

Dadali: Daun kelor atau Moringa oleifera kerap dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Namun, beberapa hari ke belakang daun yang mirip katuk ini juga dipakai untuk bahan dasar produk kecantikan. 

Daun kelor sering diolah menjadi bubuk dan dikenal dengan berbagai nama. Melansir stylesatlife, daun kelor kenap dinamai munaga ara, sajna, sigru, murinna, tella-munaga, mulaga, murungai, nuggekai, dan lain sebagainya. 

Melansir klikdokter.com, bubuk daun kelor disebut sangat rendah lemak dan kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Kombinasi ini lah yang disebut cocok digunakan sebagai produk perawatan kulit. 

Baca juga: Begini Cara Merayakan Hari Kebangkitan Nasonal di Tengah Pandemi Covid-19

Lalu, apa saja sih manfaat daun kelor untuk kecantikan. Ini lima manfaatnya dikutip dari berbagai sumber.

1. Mengatasi Jerawat dan komedo

Studi yang dimuat dalam International Journal of Cosmetic Science, minyak alami daun kelor yang mengandung asam linoleat lebih dari 10 persen, diperlukan untuk mengobati jerawat secara alami dan efektif. Daun kelor juga memiliki efek antimikroba yang dapat membasmi jerawat akibat bakteri.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat mengatasi dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Riset lainnya menyatakan, minyak kelor dapat menghambat produksi minyak berlebih pada kulit yang kerap menjadi penyebab jerawat dan komedo. 

2. Menghindari kulit kering

Direktur Joyful Skin Clinic, dr. Kemi Fab menyatakan, perawatan pelembap yang mengandung daun kelor dapat memberikan manfaat signifikan untuk perawatan kulit kering dan bersisik. Ini berkat kandungan vitamin E, asam oleat, dan antioksidan dalam daun kelor, yang dapat membantu menjaga hidrasi kulit kering.

3. Mencegah penuaan pada wajah

Tinggal di negara tropis membuat kulit wajah kerap terpapar sinar matahari dan polusi hampir setiap hari. Sehingga, mempercepat proses penuaan kulit seperti kerutan, garis halus, dan kulit kendur. 

Sinar ultraviolet (UV) dalam matahari dapat menyebabkan kolagen dan elastisitas kulit menurun. Berdasarkan Journal of Pharmacy and Biological Sciences, biji kelor yang diformulasikan dalam bentuk krim mengandung antioksidan yang tinggi. 

Kandungan antioksidan ini mampu menjaga kesehatan kulit dengan mencegah munculnya keriput akibat radikal bebas dari sinar UV. Daun kelor juga tinggi akan kandungan vitamin A yang terbukti ampuh mengoptimalkan proses regenerasi sel-sel kulit.

Selain itu, daun kelor juga mengandung vitamin C dan E, yang dapat membantu meningkatkan pembaruan kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, dan menutrisi kulit.

Baca juga: Minum Air Setelah Makan, Pentingkah?

4. Mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori wajah dapat membesar akibat sering terpapar debu dan partikel mikro. Daun kelor dapat mencegah kotoran dan kuman itu menempel pada kulit. 

Caranya, daun kelor dilarutkan secara alami ke dalam air, kemudian di basuh ke area wajah. Kamu juga bisa memperoleh khasiat ini dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang memiliki kandungan minyak kelor di dalamnya. 

Daun kelor dipercaya dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah, sekaligus mengecilkan pori-pori. 

5. Melembapkan bibir

Tak hanya bermanfaat bagi wajah, minyak daun kelor kerap digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan bibir, seperti lip balm atau masker bibir. Riset yang dipublikasikan dalam Lipids in Health and Disease, minyak kelor yang diekstrak dari daunnya memiliki kualitas mirip minyak zaitun. 

Kandungan asam lemak pada daun kelor yang tinggi adalah asam oleat. Jenis asam ini dapat diketahui dapat melembabkan bibi yang kering. Sehingga, kelembutan bibir dapat bertahan meski di daerah tropis seperti Indonesia.



(CIA)

Berita Terkait