Zona Merah di Jabar Makin Meningkat, Ini Peta Sebarannya

Ilustrasi medcom.id Ilustrasi medcom.id

Bandung: Zona merah penyebaran virus korona (covid-19) di Jawa Barat semakin meluas. Saat ini, terdapat 11 daerah dilaporkan masuk dalam kategori zona merah. Jumlah zona merah tersebut meningkat ketimbang pekan lalu.

Ke-11 daerah yang kini masuk zona merah covid-19 itu di antaranya adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Depok, dan Kota Cimahi.

Kepastian itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun Instagram miliknya pada Rabu, 30 Juni 2021 pagi hari WIB. Pada kesempatan itu, pria yang akrab disapa Emil tersebut juga memastikan pihaknya akan memberlakukan PPKM Mikro Darurat. 

"Bewara. Varian delta covid-19 yang daya tularnya lebih cepat sudah terdeteksi di banyak tempat. Sekitar 11 Daerah menjadi zona merah, naik dari dua daerah, dan sesuai koordinasi Jawa-Bali, maka serempak akan diberlakukan PPKM Mikro Darurat," tulis Emil diakun @ridwankamil.

"Peniadaan beberapa jenis kegiatan dan pengetatan jam kegiatan dan lockdown bisa atau akan diberlakukan di sejumlah RT/RW yang terindikasi situasi sangat berat," lanjut Emil.

Lebih lanjut, Emil juga menuturkan upaya yang akan dilakukan Jabar untuk menangani covid-19 yang sedang melonjak dalam sepekan terakhir. Beberapa upaya yang akan dilakukan di antaranya adalah menyediakan dan memperkuat ruang isolasi di setiap desa untuk masyarakat yang terpapar dengan gejala ringan dan sedang. Selain itu, Jabar berupaya menyiapkan tempat baik berupa gedung atau hotel untuk memindahkan pasien covid-19 dari rumah sakit dalam proses penyembuhan.
 
"Strategi hulu perkuat ruang isolasi desan dan strategi hilir memindahkan yang mau sembuh dari rumah sakit terus ditingkatkan, sehingga keterisian rumah sakit untuk covid bisa terus menurun. Aamiin," kata Emil.

Emil juga meminta agar masyarakat untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan lebih disiplin. Pasalnya, tingkat kedisiplinan masyarakat Jabar saat ini menurun dari 80 persen menjadi 75 persen.
 
"Masyarakat dimohon patuhi prokes 5M dan saling mengingatkan," tutup Emil.

Sementara itu, Emil hari ini akan melakukan rapat koordinasi secara virtual bersama Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, terkait strategi vaksinasi serta PPKM Darurat.



(PYP)

Berita Terkait