Gaji Pertama Diberikan ke Orang tua? Ini Alasannya

Ilustrasi. FOTO: Medcom.id Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Dadali: Baru-baru jagat media sosial khususnya Twitter kembali diramaikan dengan sebuah perdebatan yang cukup menarik. Hal tersebut bermula saat akun @catwomanizer memposting opini pribadinya perihal budaya memberikan gaji pertama kepada orang tua.

"Kenapa ya, di Indonesia, gaji pertama itu harus diberikan ke orang tua?" katanya melalui akun Twitter, Senin, 26 Juli 2021.

Menurutnya memberikan gaji pertama atau merawat orang tua  bukan merupakan kewajiban, melainkan sebuah pilihan. Sebab, lanjutnya, jika hubungan baik antara anak dan orang tua terjalin dengan baik. Anak mana yang tidak dengan sukarela mau membahagiakan orang tuanya.

Cuitan pegiat media sosial itu lantas mendapat banyak tanggapan beragam dari warganet. Ada yang setuju dengan pandangan tersebut tidak sedikit juga yang menentang opininya.

Di samping  perdebatan tersebut pernahkah Anda mempertanyakan, apakah harus memberikan gaji pertama ke orang tua? Jika Anda masih merasa ragu, berikut beberapa alasan yang akan membuat lebih yakin untuk memberikan gaji ke orang tua Anda:

 

1.Sebagai bentuk balas budi

Balas budi kepada orang tua sepertinya tidak akan ada habisnya. Sebab apa yang telah mereka lakukan kepada kita, pasti tidak akan bisa dibalas dengan sebanyak apapun materi yang kita berikan.

Namun cobalah untuk memberikan sesuatu. Kebanyakan orang tua tidak mengharapkan mendapatkan gaji pertama Anda. Namun, bukan berarti Anda diam saja.

Maka dari itu sebisa mungkin berikan sesuatu kepada orang tua meskipun itu bukanlah uang.

 

2. Untuk menunjukan kasih sayang

Dengan memberikan gaji pertama Anda, hal itu juga menjadi cara yang paling sederhana untuk menunjukkan kasih sayang Anda kepada mereka lho.

 

Baca juga: Kalahkan Rasa Cemas Jelang Vaksin dengan Mengikuti 5 Tips dari Psikiater

 

 3. Orang pertama yang harus merasakan

Pastinya orang  tua akan selalu ada meski Anda dalam kesulitan. Mereka adalah orang pertama yang akan selalu memberikan dukungan pada anaknya dalam berbagai situasi.

Berkat dukungan mereka juga akhirnya kamu bisa tetap teguh mencari kerja, bahkan hingga sukses mendapatkan pekerjaan.

Itulah mengapa Anda perlu memberikan gaji pertama untuk orang tua sebagai bentuk terima kasih atas dukungan mereka yang tidak ada habisnya.

 

4. Pembuktian bahwa anda sudah mandiri

Ketika Anda sudah bekerja, hal tersebut menjadi kesempatan yang tepat untuk membuktikan bahwa kamu sudah dewasa dan bisa mandiri.

Tidak ada salahnya Anda mentraktir atau membelikan sesuatu yang berharga untuk mereka.

Jika mereka bersikeras menolak, Anda bisa mengatakan bahwa semua ini adalah pembuktian bahwa Anda sudah bisa mandiri secara finansial.

 

5. Membawa keberkahan

Banyak yang percaya dengan Anda memberikan gaji pertama kepada orang tua atau bahkan secara berkala akan membawa keberkahan dalam kehidupan. Mulai dari dimudahkan dalam pekerjaan bahkan rezeki yang berlimpah.

Pada dasarnya memberikan gaji kepada orang tua memang bukan sebuah kewajiban. Hal tersebut sebuah common sense yang sudah ada sejak lama dan menjadi budaya. Namun alangkah baiknya kita sebagai anak tetap memberikan perhatian kepada orang tua kita.



(NAI)

Berita Terkait