Pertamina: 2 Titik Api di Kilang Balongan Telah Padam

Kepulan asap hitam dari kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa. Kepulan asap hitam dari kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.

Dadali: PT Pertamina (Persero) menyebutkan dua dari empat tangki yang terbakar di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, berhasil dipadamkan menggunakan foam. Kedua tangki berhasil padam pada dini hari, Rabu, 31 Maret 2021.   

Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto mengatakan, tangki T-301H padam sekitar pukul 01.30 WIB. Lalu, disusul tangki T-301E sekitar pukul 06.44 WIB.

"Dua tangki lainnya masih terus dilakukan upaya pemadaman," kata Agus Suprijanto di Jakarta, Rabu, 31 Maret 2021, seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: PT Pertamina Dipastikan Ganti Rugi Rumah Warga Rusak

Proses pendinginan dengan fire truck terus dilakukan untuk memastikan tak ada lagi bara api yang tersisa. Sehingga, tak berpotensi memunculkan percikan api baru.

Pengaturan orientasi peralatan pemadaman api juga dilakukan terhadap dua tangki yang masih terbakar, yakni tangki T-301F dan tangki T-301G. Pada awal kejadian, lanjut Agus, Tim Emergency Pertamina telah melokalisasi titik api di dalam tanggul di sekeliling tangki T-301 yang terdapat empat tangki penyimpanan BBM.

Pemadaman dilakukan dengan menggunakan foam ke perimeter tanggul dan pusat nyala api. Pihaknya juga mengerahkan 10 unit mobil pemadam kebakaran dari Pertamina Group dan pemerintah daerah setempat.

"Pertamina tetap fokus memadamkan api di dua tangki lainnya dan terus mengerahkan segala daya dengan offensive fire handling," kata Agus.

Baca juga: Deretan Fakta dan Dugaan Penyebab Kebakaran Kilang Minyak Pertamina di Balongan

Kebakaran Kilang Balongan terjadi pada Senin, 29 Maret 2021, dini hari. Warga sekitar lokasi mencium bau yang sangat menyengat pada Minggu malam.

Beberapa jam kemudian, warga mendengar dentuman sangat keras disertai api yang membakar tangki kilang. Akibat kebakaran tersebut, sebanyak 912 warga terpaksa mengungsi dan menyebabkan 29 warga luka ringan dan enam lainnya luka berat.



(CIA)

Berita Terkait