Prakiraan Cuaca Jabar 24 Februari 2021: Waspada Hujan Petir

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Perpaduan musim hujan dan fenomena La Nina yang kini sedang melanda Indonesia, dapat memicu hujan lebat disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah. Beberapa bencana hidrometeorologi pun mulai terjadi di beberapa daerah akibat fenomena tersebut, di antaranya banjir, longsor, angin puyuh, dan sebagainya.

Masyarakat diharap untuk lebih waspada dalam mengamati hal tersebut. Salah satunya dengan mengecek prakiraan cuaca di daerahnya masing-masing. 

Khusus wilayah Jawa Barat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengunggah prakiraan cuaca pada Rabu, 24 Februari 2021 di akun Twitter BMKG Bandung. Pagi hari ini, umumnya cuaca berpotensi berawan di Jawa Barat, tetapi berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Kota dan Kabupaten Bogor, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Pangandaran.

Kemudian, pada siang sampai sore hari, cuaca berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Jabar. Sedangkan, untuk wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Majalengka, Sumedang, Kuningan, Kota dan Kabupaten Cirebon, dan Indramayu berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Pada malam hari, cuaca berpotensi hujang ringan hingga sedang di wilayah Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Kuningan, Sumedang, Kabupaten dan Kota Bandung, Cimahi, Bandung Barat, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Cianjur, dan Garut.

Suhu udara di wilayah Jabar bagian utara berkisar dari 22 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-96 persen. Sedangkan, suhu udara di wilayah Jabar bagian selatan berkisar dari 17 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-98 persen. Angin di Jabar berembus dari Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan 5-35 kilometer per jam. 

BMKG Bandung juga memberikan peringatan dini untuk mewaspadai adanya potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang hingga menjelang malam hari di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Majalengka, Sumedang, Kuningan, Kota dan Kabupaten Cirebon, dan Indramayu.

Selalu waspada dan siap siaga selama musim hujan ini ya! Bagi yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor harus lebih hati-hati ketika hujan lebat. Kalian juga harus hindari berada di bawah pohon untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang di saat hujan disertai angin kencang. 
 



(SYI)

Berita Terkait