Status Zona Merah, Tempat Wisata di Bandung Barat Dilarang Beroperasi

Ilustrasi medcom.id Ilustrasi medcom.id

Bandung: Tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat kembali ditutup. Keputusan itu terpaksa diambil Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) karena status wilayahnya sudah memasuki kategori zona merah penyebaran covid-19.

Menurut laporan Kepala Disparbud Kabupaten Bandung Barat Heri Partomo, penutupan tempat wisata diterapkan sesuai dengan Surat Edaran Nomor: 360/1614-BPBD/2021 tentang pengendalian penyebaran COVID-19 dan PPKM Mikro di Kabupaten Bandung Barat.

"Kalau zona merah otomatis ditutup, Kalau ada info sudah zona oranye otomatis buka," kata Heri di Bandung, Jawa Barat, Rabu, 30 Juni 2021.

Kabupaten Bandung Barat memiliki 162 destinasi wisata. Terdiri dari 76 wisata alam, 19 wisata budaya, dan 67 wisata buatan.

Sebelumnya, seluruh tempat wisata tersebut sempat mendapat izin untuk dibuka pada pekan lalu. Sebab, saat itu, KBB memasuki status zona oranye. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pariwisata Disparbud KBB David Oot. 

Meski diperbolehkan dibuka, seluruh tempat wisata itu tetap harus menetapkan protokol kesehatan covid-19 dengan ketat. Namun, kunjungan kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata itu ternyata masih sedikit.



(PYP)

Berita Terkait