Pertama Kali Gunakan Hak Pilihnya di Pilkada, Susi Pudjiastuti Kebingungan di TPS

Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti/Dok Media Indonesia. Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti/Dok Media Indonesia.

Dadali: Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sempat kebingungan ketika ingin menyalurkan hak pilihnya di Pilkada Pangandaran. Ia mengaku belum pernah ikut Pilkada Pangandaran sebelumnya.

“Saya baru pertama kali ikut pemilihan di Pangandaran untuk pilkada. Sebelumnya, nggak pernah ikut,” kata Susi usai menyalurkan hak pilihnya di TPS 02, Desa Pananjung, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Rabu, 9 Desember 2020, seperti dilansir dari regional.kompas.com.

Ketika Susi berada di bilik suara, ia kebingungan dan sempat menanyakan kepada panitia harus mencoblos di sebelah mana pada kertas surat suara. Panitia pun menjelaskan bahwa pencoblosan dapat dilakukan pada kolom yang ada angkanya maupun gambar pasangan calon.

“Tadi kan sempat nanya (bagian mana yang dicoblos),” ungkap Susi.

Hal ini menjadi wajar karena sebelumnya ia tidak pernah mengikuti Pilkada. Susi beralasan bahwa selama ini Pilkada diselenggarakan di saat dirinya sedang berada di luar daerah. Sehingga ia tidak menggunakan hak pilihnya.

“Biasanya nggak tahu, nggak pernah ikut karena lagi di luar kota,” ucap Susi.

Setelah mencoblos sekaligus menyalurkan hak suaranya, Susi tampak menghampiri warga di sekitar Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ia berbincang menggunakan bahasa Jawa dengan sejumlah warga.

Sebelum meninggalkan TPS, beberapa warga mengajak Susi dan putrinya untuk foto bareng. Setelah itu, baru ia meninggalkan area TPS.

Diketahui dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Susi tercatat di nomor urut 405 dari jumlah total pemilih sebanyak 431 orang. Susi tiba di TPS 02 bersama putrinya, Nadine Kaiser, pada pukul 09.00 WIB.



(SYI)

Berita Terkait