Ini Daftar Daerah di Jawa Barat yang Paling Patuh dan Abai Protokol Kesehatan

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil memiliki metode untuk menghitung tingkat kedisiplinan warga di Jabar atas protokol kesehatan. Pada perhitungannya, kedisiplinan warga dalam menerapkan 3M dibagi menjadi dua, yakni menjaga jarak dan memakai masker. Data perhitungannya didapatkan dari laporan Satpol PP dan TNI-Polri di sejumlah daerah.

Lalu, bagaimana hasilnya?

Berdasarkan perhitungan, daerah yang masyarakatnya paling disiplin memakai masker di Jabar adalah Kota Bekasi. Sedangkan, Kota Tasikmalaya dinobatkan sebagai daerah yang masyarakatnya paling tidak patuh memakai masker.

Kalau dari segi menjaga jarak, Kota Bekasi juga dinobatkan sebagai daerah yang masyarakatnya paling patuh menjaga jarak. Sebaliknya, Kota Depok menjadi daerah yang paling tidak disiplin dalam menjaga jarak. 

“Yang sudah patuh tolong pertahankan dan kepada yang tidak patuh saya titip kepada wali kota/bupati untuk terus mengedukasi masyarakatnya,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Humas Jabar pada Senin, 18 Desember 2020.

Terdapat enam daerah di Jawa Barat dengan risiko penularan tinggi atau berstatus zona merah covid-19. Keenam daerah itu adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bekasi, dan Kota Depok. 

Pekan ini, menjadi keenam kalinya Kabupaten Karawang berstatus zona merah covid-19. “Yang kita masih prihatin adalah Karawang masih zona merah. Jadi, kami akan melakukan kunjungan kerja secapatnya ke sana,” ucap Kang Emil.



(SYI)

Berita Terkait