Kota Bogor dan Purwakarta Bakal Diguyur Hujan Sedang Siang Hari

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, hingga angin puting beliung bisa terjadi kapan saja. Secara umum, bencana tersebut tak hanya terjadi saat musim hujan, tetapi juga bisa terjadi di musim kemarau.

Masyarakat diharap untuk lebih waspada dalam mengamati hal tersebut. Salah satunya dengan mengecek prakiraan cuaca di daerahnya masing-masing. 

Khusus wilayah Jawa Barat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengunggah prakiraan cuaca untuk Jumat, 25 Juni 2021 di akun Twitter @BMKGBandung. Pagi ini, cuaca di Jawa Barat secara umum cerah berawan. Namun, berpotensi berawan di wilayah Parigi, Kota Bogor, Sumber, Purwakarta, Pelabuhan Ratu, Indramayu, Cirebon, dan Bekasi.

Pada siang sampai sore hari, cuaca berpotensi hujan ringan di Jabar. Sementara untuk wilayah Kota Bogor dan Purwakarta diprediksi hujan sedang. Terkecuali berawan di wilayah Parigi, Sumber, Indramayu, Sukabumi, dan Cirebon.

Selanjutnya, pada malam hari, cuaca di Jabar secara umum berawan. Namun, berpotensi hujan ringan di wilayah Sumber, Subang, Purwakarta, Pelabuhan Ratu, Majalengka, Sukabumi, Cirebon, dan Cianjur.

Pada dini hari, secara umum cuaca di Jabar berpotensi berawan. Sedangkan di wilayah Pelabuhan Ratu, Karawang, dan Cikarang diprediksi hujan ringan.

Suhu udara di wilayah Jabar berkisar dari 17 sampai 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55-95 persen. Angin di Jabar berembus dari Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan 20-30 kilometer per jam. 

BMKG Bandung memberikan peringatan dini untuk mewaspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir antara sore hingga malam hari di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar. Cuaca serupa juga berpotensi terjadi pada dini hari di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur bagian selatan.

Selalu waspada dan siap siaga di mana pun kalian berada ya! Bagi yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor harus lebih hati-hati ketika hujan lebat. Kalian juga harus hindari berada di bawah pohon untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang di saat hujan disertai angin kencang. 
 



(SYI)

Berita Terkait