Stok Menipis, Wakil Wali Kota Depok Ajak Warga Donor Plasma Konvalesen

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

Dadali: Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengajak para penyintas covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen. Menurutnya hal tersebut sangat bermanfaat sebagai terapi pendamping untuk mempercepat penyembuhan pasien covid-19.

"Saya mengajak seluruh penyintas covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesennya ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok," kata Imam Budi Hartono di Depok, Jawa Barat, Selasa, 20 Juli 2021.

Dilansir dari Antara, ajakan Imam untuk mendonorkan plasma konvalesen bukan tanpa sebab. Dia mengaku saat ini persediaan plasma konvalesen di PMI Kota Depok sudah menipis.

"Saat ini permintaan plasma konvalesen sangat tinggi, sedangkan stok yang dimiliki sangat terbatas," katanya. Oleh karena itu, dengan mendonorkan plasma konvalesen diharapkan dapat membantu sesama yang sedang terkena covid-19, khususnya dengan gejala berat.

Baca juga: Catat! Ini Daftar UDD PMI yang Layani Donor Plasma Konvalesen

Hal tersebut juga diamini oleh Ketua PMI Kota Depok Dudi Mi'raz. Dia mengatakan kebutuhan plasma konvalesen di kota itu memang sedang tinggi, namun hal tersebut tidak sebanding dengan persedian yang sulit didapat.

"Saat ini kami hanya memiliki empat kantong plasma. Itu juga sudah dipesan. Untuk daftar tunggu per 1-18 Juli sebanyak 289 kantong," ucap Dudi.

Melihat kondisi tersebut, dia berharap para penyintas covid-19 yang mengalami gejala sedang hingga berat, mau melakukan donor plasma konvalesen. Hal tersebut akan sangat baik dilakukan, terlebih untuk tetap saling membantu di situasi kritis ini.

 



(NAI)

Berita Terkait