Jawa Barat Diramal Cerah Berawan hingga Berawan Seharian

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, hingga angin puting beliung bisa terjadi kapan saja. Secara umum, bencana tersebut tak hanya terjadi saat musim hujan, tetapi juga bisa terjadi di musim kemarau.

Masyarakat diharap untuk lebih waspada dalam mengamati hal tersebut. Salah satunya dengan mengecek prakiraan cuaca di daerahnya masing-masing. 

Khusus wilayah Jawa Barat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengunggah prakiraan cuaca untuk Sabtu, 19 Juni 2021 di akun Twitter @BMKGBandung. Pagi ini, cuaca di Jawa Barat secara umum cerah berawan hingga berawan. Terkecuali wilayah Indramayu, Cirebon, Sumedang, Majalengka, Sukabumi, Cianjur, dan Pangandaran berpotensi hujan ringan.

Pada siang sampai sore hari, secara umum cuaca di Jabar berpotensi cerah berawan hingga berawan. Tetapi, berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Bogor, Kota Bogor, Sukabumi, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Bekasi, Bekasi, Karawang, Cianjur, Purwakarta, Subang, Bandung Barat, Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Garut, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Majalengka, Kota Cirebon, Cirebon, Kuningan, Kota Banjar, dan Ciamis.

Kemudian, pada malam hari Jabar diramal cerah berawan hingga berawan. Cuaca serupa juga terjadi di Jabar pada dini hari.

Suhu udara di wilayah Jabar bagian utara berkisar dari 22 sampai 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55-98 persen. Suhu udara di wilayah Jabar bagian selatan berkisar dari 19 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-98 persen. Angin di Jabar berembus dari Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam. 

BMKG Bandung memberikan peringatan dini untuk mewaspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/sore hingga menjelang malam hari di wilayah Bogor, Kota Bogor, Sukabumi, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Bekasi, Bekasi, Karawang, Cianjur, Purwakarta, Subang, Bandung Barat, Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Garut, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Majalengka, Kota Cirebon, Cirebon, Kuningan, Kota Banjar, dan Ciamis.

Selalu waspada dan siap siaga di mana pun kalian berada ya! Bagi yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor harus lebih hati-hati ketika hujan lebat. Kalian juga harus hindari berada di bawah pohon untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang di saat hujan disertai angin kencang. 



(SYI)

Berita Terkait