4 Desa Tangguh Bencana Dibentuk di Kabupaten Bekasi

Ilustrasi - Medcom.id. Ilustrasi - Medcom.id.
Bekasi: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, membentuk empat desa tangguh bencana. Hal itu sebagai upaya mencegah banjir di wilayah Kabupaten Bekasi.

Keempat desa tersebut yakni Desa Pasirtanjung di Kecamatan Cikarang Pusat, Desa Sukadaya di Kecamatan Sukawangi serta Desa Pantai Harapan Jaya dan Desa Pantai Sederhana di Kecamatan Muaragembong.

"Kami telah sosialisasi (pencegahan banjir) ke sekolah-sekolah, dan sudah ada empat desa tangguh bencana. Kami juga telah berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk mengatasi dan meminimalisir bencana akibat meluapnya air sungai," kata Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya di Bekasi, Senin 2 Desember 2019.

Dia menjelaskan Kabupaten Bekasi dikelilingi 16 sungai. Sehingga, daerah yang berbatasan dengan Kota Bekasi dan Karawang ini rawan tergenang maka harus segera segera diantisipasi.

"Ada dua penyebab banjir khususnya di Kabupaten Bekasi, yakni meluapnya air sungai dan kurang berfungsinya drainase. Ini biasanya terjadinya di perumahan-perumahan. Oleh karenanya, diharapkan dengan sosialisasi dapat mengurangi bencana banjir di Kabupaten Bekasi," ujarnya.

Pihaknya berencana mendatangkan mobil pendidikan bencana pada 2020. Kendaraan tersebut untuk mendukung program pencegahan bencana dengan memberikan sosialisasi bencana ke masyarakat.

(IDM)