Kabupaten Sukabumi Bakal Diguyur Hujan Sedang Hingga Lebat Siang Hari

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, hingga angin puting beliung bisa terjadi kapan saja. Secara umum, bencana tersebut tak hanya terjadi saat musim hujan, tetapi juga bisa terjadi di musim kemarau.

Masyarakat diharap untuk lebih waspada dalam mengamati hal tersebut. Salah satunya dengan mengecek prakiraan cuaca di daerahnya masing-masing. 

Khusus wilayah Jawa Barat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengunggah prakiraan cuaca untuk Kamis, 24 Juni 2021 di akun Twitter @BMKGBandung. Pagi ini, cuaca di Jawa Barat secara umum berawan. Namun, berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayau, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, hingga Kabupaten Ciamis.

Pada siang sampai sore hari, cuaca berpotensi hujan ringan hingga sedang di Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Garut, hingga Kabupaten Tasikmalaya. Terkecuali untuk wilayah Kabupaten Sukabumi diprediksi hujan sedang hingga lebat. 

Selanjutnya, pada malam hari, cuaca masih berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Subang. Sementara pada dini hari, cuaca serupa juga bakal terjadi di wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Cianjur.

Suhu udara di wilayah Jabar bagian utara berkisar dari 22 sampai 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-95 persen. Suhu udara di wilayah Jabar bagian sealatan berkisar dari 19 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-95 persen. Angin di Jabar berembus dari Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan 5-35 kilometer per jam. 

BMKG Bandung memberikan peringatan dini untuk mewaspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang hingga menjelang malam hari di wilayah Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Subang, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten garut, hingga Kota Banjar.

Selalu waspada dan siap siaga di mana pun kalian berada ya! Bagi yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor harus lebih hati-hati ketika hujan lebat. Kalian juga harus hindari berada di bawah pohon untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang di saat hujan disertai angin kencang. 
 



(SYI)

Berita Terkait