Presiden Terkendala Cuaca untuk Tinjau Longsor Bogor

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono di kantor Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu, 5 Januari 2020. Medcom.id/ Rizky Dewantara Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono di kantor Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu, 5 Januari 2020. Medcom.id/ Rizky Dewantara
Bogor: Presiden Joko Widodo batal meninjau lokasi terdampak longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu, 5 Januari 2020. Cuaca ekstrem di sekitar lokasi tidak memungkinkan helikopter pengantar presiden mendarat.

"Presiden menyampaikan turut empati terhadap warga yang terdampak longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono di kantor Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Heru menjelaskan jika presiden juga menginstruksikan Kementerian  Pekerjaan Umum (PU) untuk membuka jalan di lokasi terdampak longsor. Sejumlah orang masih terisolir lantaran jalan tersebut belum bisa dilalui kendaraan.

"Karena masih ada enam desa yang terisolir dan belum dapat dilalui kendaraan melalui jalur darat," jelas Heru.



Sementara Komandan Squadron 45 TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma, Letkol PNB Yoseph Frits, mengungkapkan helikopter berjenis Super Puma hanya mengantarkan perwakilan presiden dan Bupati Bogor, Ade Yasin.

"Presiden gagal mendarat ditempat yang sudah disediakan lantaran cuaca yang tidak bersahabat," kata Yoseph di lokasi yang sama.

(IDM)