Harga Pangan di Bandung Stabil Pada Hari Pertama Puasa

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi (kanan) dan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil saat meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Kosambi Kota Bandung, Selasa (13/4/2021). ANTARA/Ajat Sudrajat. Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi (kanan) dan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil saat meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Kosambi Kota Bandung, Selasa (13/4/2021). ANTARA/Ajat Sudrajat.

Dadali: Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Bandung, Jawa Barat, relatif stabil pada hari pertama puasa Ramadan 2021. Bahkan harga beras lebih rendah ketimbang harga eceran nasional.
 
"Kita bisa lihat secara keseluruhan harga barang pokok dan penting ini sebenarnya stabil ya, apalagi kalau kita lihat dari bulan Januari kemarin," kata Lutfi usai meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Kosambi Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 13 April 2021, seperti dilansir dari Antara.
 
Berdasarkan pemantauannya, harga kebutuhan pokok yang stabil di antaranya gula dan beras jenis premium dan medium. Bahkan harga beras di Kota Bandung lebih rendah dibandingkan harga eceran nasional.

Baca juga: Timbun Bahan Pokok Saat Ramadan? Awas Kena Sanksi!

Harga beras premium yang dijual salah satu kios di Pasar Kosambi Kota Bandung adalah Rp12 ribu per kilogramnya. Ia menuturkan ada beberapa komoditas kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, salah satunya minyak goreng.

"Seperti yang kita ketahui bahwa minyak goreng itu feedstock-nya adalah CPO (Crude Palm Oil). Dan CPO tahun ini harganya hampir 40 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu," jelasnya.

Baca juga: Kebutuhan Pangan Pokok di Garut Dipastikan Aman
 
Pihaknya akan berkoordinasi dengan pelaku industri untuk memastikan suplai yang lebih untuk bahan baku minyak goreng selama Ramadan. Sehingga, harga minyak goreng tak terlalu tinggi kenaikannya.
 
Sedangkan, komoditas kebutuhan pokok di Pasar Kosambi yang harganya turun ialah cabai rawit dan cabai merah. Yakni cabai rawit kini Rp80 ribu per kilogram, sedangkan cabai merah saat ini Rp70 ribu per kilogram.



(CIA)

Berita Terkait