Pemkot Depok Siapkan Rp5 Miliar untuk Perbaikan 50 Titik Longsor

Ilustrasi: Medcom.id Ilustrasi: Medcom.id

Dadali: Dalam dua bulan terakhir terdapat 50 titik longsor di Kota Depok, Jawa Barat akibat hujan deras. Hal ini membuat Pemerintah Kota Depok harus menyiapkan dana APBD sebesar Rp5 miliar khusus untuk penanganan longsor.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Citra Indah Yulianti mengatakan proyek tersebut segera dikerjakan. Sebab, tahun anggaran 2022 hanya tersisa waktu sembilan bulan lagi.
 
"Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah mengalokasikan dana sebesar Rp5 miliar. Ini sebagai bukti Pemkot Depok, serius untuk meningkatkan infrastruktur, khususnya longsor di daerah ini, " ujar Citra dilansir dari Medcom.id, Rabu, 23 Maret 2022.

Citra berharap proyek 50 titik longsor segera dilelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP), termasuk perbaikan jalan jembatan dan saluran drainase di wilayah tersebut. Perbaikan ini akan dilakukan dengan sistem tuntas.
 
"Target kita dalam tahun ini, 50 titik longsor di Kota Depok dalam kondisi mulus sehingga saat hujan deras, permukiman di Kota Depok tidak terdampak banjir lagi," lanjut Citra.
 
Citra menambahkan penangan longsor di Kota Depok sudah dilaksanakan secara maksimal, hanya saja pada Februari lalu hujan turun sangat deras hingga menjebol dinding turap dan tebing kali.

"Pemkot Depok sudah berkomitmen akan memperbaiki seluruh tebing kali dan turap yang longsor, termasuk jalan rusak ringan, sedang, dan berat sehingga arus transportasi darat antarkota di wilayah Kota Depok dapat berjalan lancar," kata Citra.

(UWA)

Berita Terkait