11 Titik di Kota Sukabumi Mengalami Kerusakan akibat Hujan Deras

ilustrasi/Medcom.id ilustrasi/Medcom.id

Sukabumi: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi menyebutkan hujan deras yang mengguyur Kota Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu, 14 Juni 2023 lalu memicu terjadinya bencana di 11 titik berbeda.

"Dari hasil pendataan sementara yang kami lakukan, pada kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun,sejumlah rumah mengalami kerusakan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat Taufik mengutip Antaranews, Kamis, 15 Juni 2023.

Adapun 11 titik kejadian bencana tersebut terjadi di Jalan Nangela, Perum Shaynala, RT 002, RW 009, Kelurahan/Kecamatan Baros, satu rumah tertimpa  pohon tumbang. Kemudian di Kampung Cipanas, RT 001, RW 006, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, satu rumah mengalami kerusakan di bagian atap dan dinding roboh.

Selanjutnya, banjir limpasan terjadi di Jalan Pelda Suryanta, Pertigaan Futsal 33, Kecamatan Citamiang, banjir genangan di Jalan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, banjir menggenangi Jalan Arif Rahman Hakim tepatnya di depan Kantor Dishub Kota Sukabumi.

Banjir juga menggenangi di RW 01 dan RW 03, Kelurahan Keramat, Kecamatan Gunungpuyuh, Jalan Lingkar selatan, Kota Sukabumi sekitar Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi, Kecamatan Baros, RT 02 RW 08, Kelurahan Sudajayahilir, Kecamatan Baros dan di RT 02, RW 02, Kelurahan Warudoyong Kecamatan Warudoyong.

Cuaca ekstrem di Kelurahan/Kecamatan Warudoyong mengakibatkan satu rumah bagian atapnya roboh tepatnya di RT 04/01 dan kejadian serupa terjadi di Kampung Cibungur RT 03, RW 03, Kelurahan Sindangpalay, Kecamatan Cibeureum.

Novian mengatakan banyaknya titik banjir di Kota Sukabumi  lantaran kondisi saluran air yang tersumbat oleh sampah.

"Banyaknya titik banjir di Kota Sukabumi dikarenakan kondisi drainase ataupun saluran air yang tidak berfungsi dengan baik dan tersumbat oleh sampah sehingga saat turun hujan deras dengan durasi yang cukup lama mengakibatkan terjadinya banjir," imbuhnya.



(SUR)

Berita Terkait