BMKG Rilis Peringatan Dini Hujan Lebat di Sebagian Besar Wilayah

Awan mendung terlihat dari kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 28 Januari 2022. Foto: Antara/Aprillio Akbar/wsj Awan mendung terlihat dari kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 28 Januari 2022. Foto: Antara/Aprillio Akbar/wsj

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini potensi hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia, pada Kamis, 24 Februari 2022. Sejumlah wilayah diprakirakan masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat.

Dilansir dari Antara, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat di antaranya Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan dan Lampung.

Potensi serupa juga diprakirakan terjadi di Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Baca: Angin Puting Beliung Terjang Sukabumi, 9 Rumah Rusak

Begitu pula di wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Khusus Kalimantan Selatan dan Maluku Utara, prakiraan BMKG menunjukkan dapat mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Di DKI Jakarta, hujan petir berpotensi terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari. Sementara hujan intensitas sedang diprakirakan berlangsung di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat pada siang hari.

Baca: Sejumlah Perumahan di Bekasi Terendam Banjir

Sedangkan di Jakarta Utara berpotensi mengalami hujan ringan pada siang hari dan Kepulauan Seribu berpostensi terjadi pada dini hari.

BMKG memperingatkan sejumlah wilayah berpotensi terdampak hujan lebat seperti banjir dalam kategori siaga di wilayah Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan dan Papua.

Wilayah lainnya yang masuk kategori waspada banjir, yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Sementara, wilayah lain yang berpotensi mengalami hujan lebat, antara lain Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat.



(UWA)

Berita Terkait