Waspada, Muncul PeduliLindungi Palsu! Minta Rp1 Juta untuk Daftar Vaksinasi

Pedulilindungi palsu (Kemkominfo) Pedulilindungi palsu (Kemkominfo)

Dadali: Muncul sebuah situs yang memiliki tampilan sama dengan PeduliLindungi.id yakni PeduliLindungiq.com. Meski memiliki tampilan yang sama situs tersebut dipastikan palsu.
 
"Situs Pedulilindungiq.com merupakan situs palsu dan bukan situs yang digunakan pemerintah dalam melakukan penanganan covid-19," kata juru bicara Kemkominfo, Dedy Permadi, dikutip dari Medcom.id, Kamis, 7 Oktober 2021.

Memungut biaya untuk vaksinasi

Situs Pedulilindungiq.com yang sangat mirip dengan situs asli PeduliLindungi.id ini mewajibkan penggunan membayar Rp1 juta untuk mendaftar vaksinasi. Padahal, pemerintah tidak meminta bayaran saat penggunaan situs tersebut.
 
“Aplikasi PeduliLindungi dan situs Pedulilindungi.id yang resmi tidak melakukan pemungutan biaya untuk keperluan apapun kepada para pengguna, termasuk untuk keperluan pendaftaran vaksin," kata Dedy.

Baca juga: Waspada Situs PeduliLindungi Palsu! Ini Cirinya

Tampilan mirip PeduliLindungi.id

Pedulilindungiq.com dibuat mirip dengan PeduliLindungi.id. Situs ini mencatut logo, gambar, dan tema PeduliLindungi yang resmi.

"Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan aplikasi PeduliLindungi," jelas Dedy.



(NAI)