BMKG Sebut Cuaca Ekstrem di Depok Imbas Pancaroba

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut hujan lebat disertai angin kencang di Depok, Jawa Barat, akibat dari peralihan musim atau pancaroba. Cuaca ekstrem di Depok pada Selasa, 21 September 2021 sore menyebabkan sejumlah kerusakan.
 
“Dengan terjadinya masa transisi pancaroba di Jabodetabek, maka berimbas pada cuaca ekstrem, hujan lebat disertai kilat, angin kencang, bahkan puting beliung di beberapa wilayah,” kata Sub Koordinator Prediksi Cuaca BMKG, Muhammad Fadli, di Jakarta, Rabu, 22 September 2021.

Hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi di sejumlah wilayah Jabodetabek hari ini. Khususnya, di wilayah selatan Jakarta, Tangerang Selatan, serta Depok pada sore, malam, dan dini hari.

“Sedangkan di wilayah lain yang berpotensi hujan lebat adalah Sumatra Barat, Bengkulu, serta Jawa Barat bagian Selatan," tutur dia, seperti dilansir dari Medcom.id.
 
Fadli menuturkan Indonesia memasuki awal musim hujan. Puncak musim hujan periode 2021-2022 terjadi pada Desember hingga Januari.

Baca: Hujan dan Angin Kencang, 10 Pohon Tumbang Hingga Reklame Roboh di Depok

BMKG mengimbau warga tetap waspada dengan cuaca ekstrem, baik hujan es, hujan lebat dengan periode singkat, dan angin puting beliung. Serta potensi banjir di beberapa wilayah pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. (Marshalina Gita)
 



(RAO)

Berita Terkait