Cara Sembuhkan Sakit Punggung Akibat Duduk Terlalu Lama

Ilustrasi sakit punggung-Pexels.com Ilustrasi sakit punggung-Pexels.com

Dadali:  Aktivitas pekerja di perkotaan mengharuskan untuk duduk dengan waktu yang cukup lama. Walaupun duduk terdengar ringan dan tidak membutuhkan tenaga namun, tahukah Anda jika terlalu lama duduk saat bekerja dapat membuat sakit punggung bahkan cedera yang lebih serius?

Tentu kondisi sakit punggung membuat Anda menjadi tidak nyaman dan menghambat kinerja. Sakit punggung tidak bisa dianggap remeh, sebab kondisi tersebut dapat bertambah serius seperti sakit yang terus menjalar ke kaki yang membuat mati rasa.

Jika Anda mengeluhkan hal tersebut, simak cara penyembuhan sakit punggung yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Dilansir dari berbagai sumber berikut caranya.

Pijat punggung
 
Untuk yang pertama Anda dapat melakukan pijat secara teratur di rumah atau di pusat kesehatan. Pijat pada punggung dinilai membantu mengendurkan otot yang tegang, dan mendorong tubuh memproduksi lebih banyak hormon endorfin.

Lakukan peregangan di tengah aktivitas
 
Cobalah mulai lakukan setiap 20 menit berdiri dan meregangkan tubuh, seperti punggung, kaki, atau lengan Anda. Olahraga ringan bisa menjadi pilihan yang bagus karena membantu mengendurkan otot.

Kompres punggung
 
Selanjutnya Anda dapat melakukan kompres punggung, cobalah untuk mengompres punggung Anda saat bangun di pagi hari. Anda bisa mencoba menempatkan kompres panas di bawah punggung saat Anda berbaring telentang atau di atas punggung saat Anda berbaring telungkup.

Namun, jangan terlalu panas sebab dapat merusak jaringan kulit.

Ubah posisi tidur
 
Jika Anda terus mengalami sakit punggung, cobalah untuk ubah posisi tidur Anda. Posisi tidur dapat memengaruhi kondisi sakit punggung. Beberapa posisi dapat meningkatkan rasa sakit, dan beberapa posisi lainnya mengurangi.
 
Cobalah tidur pada posisi bersandar, posisi itu bisa membantu mengurangi sakit punggung. Anda juga bisa mencoba tidur di kursi atau tempat tidur khusus untuk sokongan yang lebih baik.
 
Itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengurangi rasa sakit punggung akibat terlalu lama duduk. Namun, jika cara tersebut tidak berhasil segera temui dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik.

Baca juga:  Hati-Hati, Duduk Terlalu Lama Dapat Sebabkan 7 Risiko Ini!



(NAI)

Berita Terkait