Waspada Covid-19 Masih Berkeliaran, Perlunya Terobosan Medis Baru

Ilustrasi. Foto: Dok Istimewa Ilustrasi. Foto: Dok Istimewa

Jakarta: Jumlah kasus baru harian Covid-19 terus meningkat di Indonesia. Laman Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat bahwa selama tiga hari berturut-turut (26-28 Juli 2022), angka kasus Covid-19 berada di atas 6 ribu kasus.

Mantan Direktur Badan Kesehatan Dunia (WHO) Asia Tenggara, Profesor dr Tjandra Yoga Aditama meminta kewaspadaan tinggi pada kasus kematian Covid-19 seiring penambahan kasus harian di Indonesia. Dalam beberapa hari terakhir, jumlah pasien yang meninggal ikut naik menjadi sebanyak di atas 10 ribu orang.

“Peningkatan angka kematian akibat Covid-19 pun terjadi di negara lain seperti Australia dan Jepang,” kata Tjandra, dikutip dari Gaya.id, Selasa, 2 Agustus 2022.

 

Baca Juga: Aturan Baru, PTM di Kelas Mesti Dihentikan Seminggu Bila Ada Kasus Covid-19

 

Pendiri Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia (Arsada) dr Umar Wahid menyampaikan, walaupun angka penularan dan kematian di Indonesia cukup rendah, tetapi Indonesia belum menuntaskan peperangan melawan Covid-19. Oleh karena itu, upaya pencarian kasus melalui tes, pelacakan kontak, upaya pengobatan, penegakan protokol kesehatan yang ketat, dan penelitian medis harus dilakukan.

“Hal ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan tenaga kesehatan, namun juga peneliti untuk menekan penyebaran Covid-19 yang terus mengkhawatirkan,” ujar Umar.

Menurut Umar, tak hanya menjaga protokol kesehatan, namun diperlukan juga terobosan-terobosan dalam dunia medis untuk menanggulangi Covid-19. Dengan demikian, kegiatan sosial ekonomi tidak terganggu.



(SUR)

Berita Terkait