Ingin Bekerja Lebih Fokus dan Efektif, Coba Monotasking

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Dadali: Di era sekarang ini, kita dituntut untuk serba cepat dan harus bisa melakukan semua pekerjaan dalam satu waktu (multitasking). Kondisi tersebut tentu dapat membuat Anda stres karena banyak hal yang harus dikerjakan namun waktu terbatas.

Walaupun, faktanya multitasking memang membuat efisien, tren multitasking ternyata tidak baik jika dilihat dari sisi kualitas kerja dan kesehatan Anda. Perhatian Anda menjadi terbelah sehingga sulit fokus, akibat terburu-buru, Anda cenderung mengerjakan seadanya sehingga hasil tidak maksimal.

Jika Anda memiliki kegelisahan terhadap hal tersebut cobalah cara kerja alternatif yakni monotasking. Monotasking adalah tindakan hanya melakukan satu tugas atau aktivitas saja dengan perhatian penuh dalam satu waktu. Tujuannya agar bisa mengerjakan segala sesuatunya lebih efektif.

Bahkan, menurut penelitian dengan melakukan monotasking Anda dapat menjaga otak lebih sehat dan lebih produktif. Untuk itu tim Dadali.id telah merangkum beberapa cara agar Anda dapat mencapai monotasking yang sukses. Dihimpun dari berbagai sumber berikut informasinya.


Buat perencanaan dan prioritaskan diri

Buatlah daftar tugas atau kegiatan yang harus diselesaikan dalam suatu rentang waktu. Masukan lebih banyak waktu utama untuk tugas-tugas penting terlebih dahulu.

Dengan demikian, otak Anda akan terfokus pada yang harus dilakukan sekarang dan selanjutnya, sampai hari itu berakhir. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda lebih disiplin.

Hilangkan gangguan dan fokus pada dua pertanyaan ini

Terkadang gangguan terburuk adalah keinginan Anda sendiri yang bermaksud baik untuk menjadi produktif.

Mulailah hari Anda dengan bertanya pada diri sendiri dengan dua pertanyaan ini:
1. Apa yang bisa saya lakukan hari ini yang akan memberi Anda arti?
2. Apa dua hal terpenting yang dapat Anda lakukan hari ini yang akan memiliki dampak besar?


Tetap fokus

Saat pikiran mulai ke mana-mana, saat itulah Anda akan kehilangan konsentrasi dan mulai mencoba hal lain untuk dilakukan. Dengan begitu, pikiran lebih mudah teralihkan.

Jangan biarkan hal ini terjadi. Tanamkan pada pikiran bahwa yang sedang Anda lakukan menarik dan Anda mampu untuk menyelesaikannya.

Bersihkan area kerja

Lingkungan berperan penting bagi kenyamanan dalam melakukan sesuatu. Menjaga kebersihan area kerja tidak hanya menciptakan lingkungan yang lebih sehat, tetapi juga cenderung membantu pekerjaan menjadi lebih efisien dan produktif.


Istirahatkan diri

Setiap selesai mengerjakan tugas, coba istirahatlah sejenak. Anda bisa berjalan-jalan melihat situasi sejenak, hirup udara segar, atau berbicara dengan rekan kerja.

Jika kurang, coba untuk tidur siang selama 10 sampai 15 menit, karena menurut ilmu kedokteran hal itu setara dengan tidur ekstra 90 menit pada malam sebelumnya, dan berpotensi meningkatkan IQ secara efektif lho.

Itulah beberapa cara agar Anda dapat menerapkan monotasking di kehidupan sehari-hari. Selain itu jangan lupa untuk selingi aktivitas kerja Anda dengan olahraga agar tetap sehat di situasi seperti ini.

Baca juga: Jenuh dengan Kehidupan Digital Media Sosial? Coba Digital Minimalism



(NAI)