BNPB Akan Bangun Rumah Tahan Gempa untuk Korban Gempa Cianjur

Konferensi pers penanggulangan gempa di Pendopo Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi) Konferensi pers penanggulangan gempa di Pendopo Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Dadali.id: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membangun contoh rumah tahan gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Contoh rumah tahan gempa itu akan mulai dibangun pekan depan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyanto, mengatakan rumah tahan gempa senilai Rp50 juta itu diperuntukkan warga pengungsi yang rumahnya mengalami rusak berat akibat gempa berkekuatan 5,6 magnitudo yang terjadi di Cianjur pada Senin, 21 November 2022 lalu.

"Jadi bisa dilihat, oh gini toh, rumah tahan gempa senilai Rp50 juta. Supaya menjelaskannya teknis banget, dan jangan sampai salah," kata Suharyanto dikutip dari Antara, Kamis, 24 November 2022.

Suharyanto menjelaskan, ketika membangun rumah, pondasi dan struktur bangunan harus lah kokoh. Tujuannya supaya rumahnya tidak mudah roboh ketika hanya diguncang sedikit gempa.

Rumah tahan gempa yang hendak dibangun sebagai contoh itu, sudah teruji seperti yang dibangun di Pandeglang, Banten. Daerah tersebut sempat diguncang gempa pada 2018 dan 2021.

"Nah (rumah tahan gempa) yang dibangun di 2018, begitu 2021 gempa lagi, rumah-rumah yang lain roboh, yang dibangun tahan gempa itu tidak apa-apa, itu contohnya," tuturnya.



(SUR)

Berita Terkait