Baru 50 Calon Haji di Kota Cirebon Lunas Bayar Biaya Perjalanan Haji

Kepala Kemenag Kota Cirebon, Moh Khuailid Kepala Kemenag Kota Cirebon, Moh Khuailid

Cirebon: Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Jawa Barat, mencatat baru 50 calon haji asal Kota Cirebon, sudah melunasi pembayaran.Sementara itu, kuota musim haji tahun ini mencapai 446 orang.

"Jumlah tersebut termasuk kuota lansia dan calhaj cadangan," kata Kepala Kemenag Kota Cirebon, Moh Khuailid, dikutip dari Medcom.id pada Senin, 22 Januari 2024.

Khualid menuturkan waktu pelunasan terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama pada 10 Januari-12 Februari 2024. Sedangkan tahap kedua pada 5-26 Maret.

"Saat ini baru ada sekitar 50 calon haji yang sudah lunas," kata Khualid.

Khuailid menjelaskan proses pelunasan pembayaran bisa dilakukan setelah calon haji dinyatakan lolos pemeriksaan kesehatan. Kebijakan ini untuk menghindari calon haji yang melakukan pelunasan ternyata tidak bisa berangkat karena masalah kesehatan.

Menurut Khuailid, pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan kepada sekitar 213 calon haji yang berasal Kota Cirebon. Sedangkan yang sudah dinyatakan lolos pemeriksaan kesehatan sebanyak 190 calon haji.

"Yang sudah dinyatakan lolos pemeriksaan kesehatan ini, atau dianggap istitoah, baru bisa melakukan pelunasan," kata Khuailid.



(SUR)

Berita Terkait