Alhamdulillah, Uang Jemaah Senilai Rp14 Juta yang Hilang Diganti Pihak Hotel

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Mukhammad Khanif di Mekkah, Kamis (21/7/2022) (ANTARA/HO.MCH2022) Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Mukhammad Khanif di Mekkah, Kamis (21/7/2022) (ANTARA/HO.MCH2022)

Jakarta: Sebanyak tiga haji asal Jawa Barat kehilangan uang sebesar 3.500 Riyal atau sekitar Rp14 juta di kamar hotel mereka di Mekkah. Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Mukhammad Khanif memastikan uang tersebut sudah diganti oleh pihak hotel.

Beredar di media sosial berita terkait jamaah haji Indonesia yang kehilangan uangnya di kamar hotel. Peristiwa itu terjadi pada 15 Juli 2022 di Sektor 5, wilayah Misfalah atau wilayah Mekkah yang dihuni oleh jamaah asal Provinsi Jawa Barat.

Khanif menjelaskan, ada tiga jamaah yang kehilangan uangnya. Mereka tinggal di satu kamar yang sama. Jumlahnya berbeda-beda, ada yang SAR 2500, SAR 900, dan SAR 100. Salah satu jamaah juga mengaku kehilangan tas kecil dan beberapa dokumen di dalamnya.

“Total yang hilang 3.500 Riyal atau sekitar Rp14 juta. Tidak sampai 30 juta rupiah sebagaimana yang disebutkan dalam video yang beredar,” jelas Khanif, dikutip dari Antaranews.com, Jumat, 22 Juli 2022. 

Baca juga: 50 Koper Jemaah Indonesia Dibongkar Petugas di Saudi, Ini Alasannya

Peristiwa itu lantas dilaporkan jemaah kepada petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk kemudian dikoordinasikan dengan pihak hotel. Setelah dipastikan bahwa uang tersebut dicuri di kamar, manajemen hotel langsung menggantinya. 

“Semuanya sudah diganti oleh manajemen hotel dan uangnya sudah langsung diterima jamaah,” tegas Khanif. 

Khanif mengapresiasi komitmen manajemen hotel untuk mengganti uang yang hilang. Hal itu sejalan dengan perjanjian kontrak sewa akomodasi yang sudah disepakati sejak awal.

Dalam salah satu klausul kontrak disebutkan, apabila ada kehilangan dalam kamar jamaah/hotel karena dicuri, maka pihak manajemen akan bertanggungjawab terkait kehilangan tersebut.

Baca juga: Kemenag Izinkan Keluarga Jemput Jemaah Haji, Asal...

Jemaah haji Indonesia diimbau untuk melapor kepada petugas jika mengalami kehilangan di kamar atau hotel. Dengan begitu, petugas dapat menindaklanjuti kepada manajemen hotel untuk diproses sebagaimana yang diatur dalam kontrak kerja sama. 

“Peristiwa ini bisa menjadi pelajaran bersama. Jika ada kehilangan, segera saja melapor ke petugas untuk ditindaklanjuti dengan pihak manajemen hotel,” ujarnya.



(UWA)

Berita Terkait