Pelajari 7 Prinsip Filosofi Taoisme Ini, agar Hidup Lebih Seimbang

Ilustrasi Yin&Yang/Pexels Ilustrasi Yin&Yang/Pexels

Dadali:  Mungkin belum banyak yang mengetahui apa itu taoisme. Taoisme sendiri adalah sebuah aliran filsafat yang berasal dari Tiongkok. Taoisme sudah berumur ribuan tahun, dan akar pemikirannya telah ada sebelum era konfusianisme.

Jika Anda pernah mendengar istilah Yin dan Yang, istilah tersebut merupakan berasal dari filosofi taoisme.

Ada banyak hal baik yang bisa kita ambil sebagai pelajaran dari filsafat negeri tirai bambu ini. Dihimpun dari pemaparan Fahruddin Faiz, setidaknya  terdapat 7 prinsip yang perlu Anda simak jika ingin menjalani hidup ala taoisme. Berikut informasinya.


1. Kesederhanaan

Menurut Fahruddin Faiz, kesederhanaan yang dimaksud adalah sesuai kebutuhan namun tidak berkekurangan alias pas. Diibaratkan, jika hanya perlu menulis 2 kalimat, maka tidak perlu dipanjang-panjangkan menjadi 2 lembar.

Memegang prinsip kesederhanaan dalam menjalani hidup membuat seseorang punya rem untuk berbagai keinginan yang sebenarnya tak begitu dibutuhkan. Hasrat untuk mengejar gemerlap dunia tidak begitu menggebu, namun sewajarnya.

2. Kepekaan

Dengan kepekaan, kita bisa paham apa yang sedang dibutuhkan. Contoh sederhananya, ketika memasuki musim hujan, maka Anda harus menyediakan jas hujan. Jika ada teman yang murung, berarti perlu dihibur. Jika teman tampak kelaparan, maka coba tawarkan untuk mentraktirnya makan.

3. Tidak kaku

Prinsip berikutnya adalah menjadi fleksibel atau tidak kaku, dimana Anda harus mengerti situasi, bahwa kenyataan bisa berubah-ubah sehingga kita mampu melakukan antisipasi.

Fleksibel berarti kita bisa menyesuaikan diri pada perubahan, tidak terpaku pada rumus atau teori hingga menjadi kaku. Hidup tidak melulu berpaku pada teori, sebab prinsipnya teori untuk hidup bukan hidup untuk berteori. Hidup yang tidak fleksibel dapat menyebabkan konflik yang bisa merusak harmoni.

4. Merdeka

Merdeka bisa berarti mandiri, leluasa, tidak terikat, tidak bergantung kepada pihak tertentu. Mandiri juga berarti kondisi tidak dijajah atau dikungkung alias bebas dalam mewujudkan apa yang diinginkan, selama tidak menabrak norma.

5. Berpikir jelas dan fokus

Prinsip selanjutnya, Anda harus punya prinsip yang jelas dan fokus kepada tujuan  Tujuan yang belum terpusat alias masih kabur perlu difokuskan terlebih dahulu.

Sebab, punya fokus yang jelas dalam setiap aktivitas membuat kita lebih produktif.

6. Berpikir matang

Prinsip ini dapat Anda terapkan seiring dengan bertambahnya usia.  Kematangan amat diperlukan terlebih di era kemajuan teknologi saat ini. Sebab, teknologi memberi efek yang besar dalam hidup kita.

Percaya atau tidak, teknologi membuat kita lebih mengedepankan tindakan komunikasi daripada makna komunikasi itu sendiri.

7. Gembira

Terkadang, kita sendiri yang mencari-cari alasan untuk tidak gembira. Prinsip terakhir ini menjadi kritikal untuk diimplementasikan. Biasanya kita hanya fokus pada yang tidak enak atau tenggelam dalam kesedihan. Namun, kita tidak menyadari adanya kebahagian yang juga telah hadir.

Itulah beberapa prinsip ajaran taoisme yang dapat Anda perdalam agar mendapat hidup yang lebih berkualitas. Selamat mencoba.

Baca juga:  Jalani Hidup Lebih Bersahaja dan Tenang dengan Filosofi Stoikisme



(NAI)

Berita Terkait