Hore! Sarana Pengendali Banjir di Pangandaran Sudah Tuntas

Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy menyelesaikan pembangunan prasaranan pengendali banjir di Muara Sungai Cikidang Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy menyelesaikan pembangunan prasaranan pengendali banjir di Muara Sungai Cikidang

Dadali: Banjir adalah kata yang sudah tidak asing lagi bagi warga yang tinggal di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Pangandaran, biasanya diakibatkan meluapnya beberapa sungai, seperti Sungai Cikaso, Citonjong, hingga Cikidang.
 
Menyiasati hal itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono membangun sarana pengendali banjir di Muara Sungai Cikidang melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy. Kabar baiknya, pembangunan prasarana itu sudah tuntas lho.

Pekerjaan untuk mengurangi pendangkalan akibat sedimentasi dinyatakan kelar sejak awal Desember 2020. “Targetnya akhir tahun tuntas, tetapi ternyata bisa berjalan lebih cepat,” kata Basuki saat berkunjung ke lokasi, Selasa, 5 Januari 2021, seperti dilansir dari Mediaindonesia.com.

Pembangunan sarana pengendali banjir itu menghabiskan dana sebesar Rp12,3 miliar. Dana itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020. 

“Pekerjaannya kalau sesuai jadwal itu 31 Desember 2020. Alhamdulillah 7 Desember 2020 lalu telah rampung 100 persen,” ucap Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy Bambang Hidayah.

Pelabuhan Pendaratan Ikan Babakan ini memang sudah tidak asing lagi menjadi lokasi langganan banjir. Sungai Cikidang ini menjadi perhatian pemerintah setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Pelabuhan Cikidang pada April 2018. Warga setempat pun meminta pemerintah untuk membangun sarana pengendali banjir agar ke depannya bencana itu bisa dicegah di musim hujan.

Kabar yang sangat gembira ya teman-teman! Semoga dengan hadirnya sarana pengendali banjir ini, warga di sekitar Sungai Cikidang tidak terdampak banjir lagi ya saat musim hujan..
 



(SYI)

Berita Terkait