Jokowi Minta Kepala Daerah Siapkan Tempat Isolasi Terpusat Hingga Kelurahan

Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden. Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Dadali: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk segera menyiapkan tempat isolasi terpusat guna merawat pasien covid-19. Jokowi meminta agar tempat  isolasi harus tersedia bahkan hingga tingkat kelurahan.
 
"Kalau bisa, ini sampai di tingkat kelurahan atau desa. Ini akan lebih baik. Paling tidak ada isolasi di tingkat kecamatan. Terutama untuk kawasan-kawasan yang padat. Utamanya di kota-kota, ini harus ada," ujar Jokowi saat memberikan arahan kepada seluruh kepala daerah secara virtual, Senin, 19 Juli 2021.
 
Dilansir dari Medcom.id, instruksi itu didasari hasil temuannya di lapangan. Jokowi mendapati  rumah padat penduduk dengan ukuran 3x3 meter dihuni oleh empat orang. Dia menilai kondisi tersebut dapat menyebabkan penyebaran covid-19 lebih cepat.

Baca juga: Wah, Hotel di Bandung Tawarkan Paket Isolasi Mandiri bagi Pasien Covid-19

Selain itu, masyarakat harus mendapatkan edukasi terkait penanganan dini ketika terinfeksi covid-19. Terutama untuk memperoleh konsultasi dokter dan obat.


Jokowi meminta gubernur, bupati, dan wali kota dapat fokus dan bertanggung jawab dalam menangani penularan covid-19 di wilayahnya masing-masing. Pihaknya memastikan siap memberikan dukungan dalam setiap kebijakan untuk melindungi warganya.
 
"Disiplinkan masyarakat mengikuti protokol kesehatan untuk memakai masker, jaga jarak dan tidak berkerumun. Ini kunci," kata dia. (Kautsar Widya Prabowo)



(NAI)

Berita Terkait