Ratusan Calon Kades di Sukabumi Deklarasi Damai Siap Menang dan Kalah

Apel deklarasi pilkades damai siap menang da siap kalah, yang diikuti 276 calon kepala desa se-Kabupaten Sukabumi , di Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar, Kamis, (14/9/2023). ANTARA/Aditya Rohman. Apel deklarasi pilkades damai siap menang da siap kalah, yang diikuti 276 calon kepala desa se-Kabupaten Sukabumi , di Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar, Kamis, (14/9/2023). ANTARA/Aditya Rohman.

Sukabumi: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, Jawa Barat, melaksanakan deklarasi damai siap menang dan siap kalah sebagai persiapan menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar pada 24 September 2023. Acara deklarasi damai ini dihadiri 276 calon kepala desa dari 71 desa dan 29 kecamatan di Alun-alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

"Deklarasi ini bertujuan agar pelaksanaan pilkades yang tinggal beberapa hari lagi bisa berjalan dengan lancar, aman dan damai. Setiap calon kades yang maju pada pesta demokrasi harus bisa menerima hasilnya," kata Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, dikutip dari Antara, Jumat, 15 September 2023.

Iyos mengatakan dalam setiap pemilihan umum (pemilu) ada yang menang dan kalah, sehingga bagi pemenang tidak merayakannya secara berlebihan dan harus siap menjalankan tugasnya sebagai kades. Ia meminta para calon kades, tim sukses, ataupun relawan untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta tidak saling menjatuhkan 

"Sementara yang kalah juga harus siap menerima hasilnya dan jika tidak puas dengan hasil yang diraih bisa melakukan gugatan tanpa harus mengerahkan massa, apalagi sampai melakukan aksi yang mengganggu ketertiban dan keamanan di masyarakat," ujarnya.



(SUR)

Berita Terkait