Hari Ini, Hujan Ringan hingga Lebat Berpotensi Guyur Sejumlah Daerah

Sejumlah warga berada di kawasan pantai yang di selimuti mendung hitam di Johan Pahlawan, Aceh Barat, Jumat, 26 April 2019. Foto: Antara/Syifa Yulinnas/pd/pri. Sejumlah warga berada di kawasan pantai yang di selimuti mendung hitam di Johan Pahlawan, Aceh Barat, Jumat, 26 April 2019. Foto: Antara/Syifa Yulinnas/pd/pri.

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan berpeluang turun di sejumlah daerah di Indonesia, Senin, 13 Juni 2022. Kondisi cuaca ini diprakirakan berlangsung dengan intensitas ringan hingga lebat.

Dilansir dari Antara, hujan lebat berpotensi mengguyur Kota Pekanbaru dan Bandar Lampung. Sementara, hujan yang dapat disertai petir berpeluang terjadi di Kota Jambi dan Pangkalpinang.

Baca: BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah Indonesia Cerah Berawan Hari Ini

Wilayah Pulau Jawa diprakirakan menghadapi potensi hujan ringan hingga sedang dengan hujan yang dapat disertai petir berpeluang turun di Kota Surabaya. Kondisi serupa juga terjadi di Pulau Kalimantan. Kota Tanjung Selor dan Palangka Raya diprakirakan menghadapi hujan ringan. Sementara itu, Pontianak dan Banjarmasin berpeluang mengalami hujan disertai petir.

Di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan ringan hanya diramalkan turun di Kota Mataram. Potensi hujan ringan hingga hujan disertai petir juga berpeluang turun di Kota Mamuju.

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di bagian wilayah Indonesia.

Baca: Akhir Pekan, BMKG Prakirakan Sejumlah Wilayah Diguyur Hujan

Sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat daya Banten dan Kalimantan Barat terpantau membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudera Hindia barat Banten dari Kepulauan Bangka Belitung hingga Pesisir Barat Kalimantan Barat, dari Pesisir Utara Kalimantan hingga Kalimantan Barat, dan dari Kalimantan Tengah hingga perairan Barat Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Selat Makassar bagian selatan hingga perairan selatan Kalimantan dan dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara bagian timur.



(UWA)

Berita Terkait