Sebelum Tidur, Lakukan 5 Amalan yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Ilustrasi Tasbih (Medium) Ilustrasi Tasbih (Medium)

Dadali: Penting untuk menjaga tidur yang berkualitas dan tidak mengalami gangguan apa pun. Karena ada beberapa orang yang mudah tertidur namun merasa tidak nyaman.

Mungkin hal itu disebabkan oleh beberapa faktor yang tidak kita sadari. Maka dari itu, berdoa sebelum tidur sangat dianjurkan agar kualitas tidur menjadi lebih baik dan dipenuhi keberkahan.

Baca: Pakai Mukena Warna-warni untuk Salat, Bagaimana Hukumnya?

Ada beberapa doa yang bisa kita amalkan saat hendak tidur berdasarkan hadis-hadis yang ada. Di antara yang populer diamalkan oleh umat islam adalah sebagai berikut: 

"Bismika Allaahumma ahyaa wa amuutu."

Artinya: "Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan mati." (HR. Bukhari)

Kemudian bisa membaca amalan yang mudah dan sederhana, yakni membaca bismillah sebanyak 21 kali.

"Bismillahirrahmanirrahiim," (21 kali)

Berikut 5 amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW sebelum pergi tidur:

Tidak tidur larut malam

Rasulullah SAW tidak menyukai umatnya yang tidur terlalu malam. Hal ini diriwayatkan oleh Abu Barzah Radyallahu Anhu.

"Rasulullah shallahu alaihi wa sallam membenci tidur malam sebelum (salat isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya." (HR Bukhari dan muslim)

Jadi kurangilah begadang. Meskipun kita melakukan hal-hal yang baik, tetapi kalau itu menguras waktu dan tenaga kita sehingga merusak istirahat dan ibadah malam kita maka tidurlah lebih awal lebih utama.

Berwudu 

Rasulullah SAW bersabda:

"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan atau tidur maka hendaklah berwudu terlebih dahulu sebagaimana wudu-mu untuk melakukan salat." (HR Bukhari dan Muslim)

Dengan berwudu, tubuh akan terasa lebih bersih dan suci. Berwudu sebelum tidur juga berpengaruh pada mimpi. Karena orang yang berwudu sebelum tidur itu dalam keadaan yang suci.

Bersihkan tempat tidur

Rasulullah SAW suka membersihkan tempat tidurnya. Menganjurkan untuk mengambil kain dan menepuk sebagaimana sabda Beliau:

"Jika salah seorang di antara kalian akan tidur hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan bismillah karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi." (HR Bukhari dan Muslim)

Matikan lampu

Ternyata mematikan lampu juga menjadi salah satu amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW. Sebagaimana sabda-Nya:

"Matikanlah lampu-lampu kalian jika hendak tidur dan tutuplah pintu-pintu serta tutuplah bejana hingga wadah-wadah makan dan minum kalian." (HR Bukhari)

Apabila dikaitkan dengan ilmu medis, mematikan lampu saat tidur baik untuk keadaan tubuh. Karena terasa menenangkan dan menyehatkan.

Membaca doa

Berdoalah sebelum tidur. Biasanya kita akan berdoa:

"Bismika Allahuma ahyaa wa bismika wa amuut," yang artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.”

Dianjurkan juga membaca ayat kursi seperti sabda Nabi Muhammad SAW:

“Barang siapa membaca ayat kursi ketika akan tidur maka Allah senantiasa menjaganya dan tidak akan didekati setan sampai subuh.” (HR Bukhari)

Demikianlah 5 amalan sebelum tidur yang perlu diterapkan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.



(RAO)