Konflik Pengelolaan Berakhir, Wisata Goa Sunyaragi Cirebon Dibuka Kembali Hari Ini

Goa Sunyaragi Cirebon. Medcom.id/Ahmad Rofahan Goa Sunyaragi Cirebon. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Dadali:  Lokasi wisata Taman Air Goa Sunyaragi Kota Cirebon, Jawa Barat, kembali dibuka hari ini, Minggu 13 November 2021. Tempat wisata ini sempat ditutup, pascakonflik antara pengelola dengan Sultan Keraton Kasepuhan.
 
Saat ini, Goa Sunyaragi tidak lagi dikelola oleh Badan Pengurus Taman Air Goa Sunyaragi (BP TAGS). Kini, lokasi wisata itu langsung dikelola Keraton Kasepuhan.
 
"Hasil musyawarah memutuskan pengelolaan diserahkan ke Keraton Kasepuhan," kata Humas Badan Pengurus Taman Air Goa Sunyaragi (BP TAGS), Eko Ardi, dilansir Medcom.id, Sabtu 13 November 2021.

Setelah ini, lanjut dia, pengelolaan dan tanggung jawab Goa Sunyaragi ada di Keraton Kasepuhan. BP TAGS tidak memiliki wewenang apa pun terhadap obyek wisata Goa Sunyaragi.

Baca juga: Duh! 5 SD di Depok Dibobol Maling

"Kami sudah serahkan ke patih sepuh SK yang dulu diterbitkan almarhum Sultan Sepuh ke XIV PRA Arif Natadiningrat," kata Eko.
 
Eko mengakui, tidak ada evaluasi sejak kepemimpinan Sultan Sepuh ke XV PRA Luqman Zulkaedin. Evaluasi terakhir saat itu masih dipimpin PRA Arif Natadiningrat.
 
Sementara itu, Patih Sepuh PR Gumelar Suryadiningrat prihatin dengan manajemen Goa Sunyaragi. Terlebih, persoalan ini menjadi sorotan masyarakat Cirebon dan luar Cirebon.



(NAI)