BMKG: Potensi Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter, Warga Pesisir Harus Waspada

BMKG mengumumkan peta sebaran angin di Indonesia pada Jumat (29/12/2023). (ANTARA/HO-BMKG) BMKG mengumumkan peta sebaran angin di Indonesia pada Jumat (29/12/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta: BMKG mengingatkan masyarakat di sepanjang pesisir untuk tetap waspada terhadap potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai ketinggian 4 meter pada tanggal 29 hingga 30 Desember 2023. 

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, menekankan perlunya kewaspadaan bagi mereka yang tinggal dan beraktivitas di daerah pesisir.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada," kata Eko dilansir dari Antaranews.com pada Jumat, 29 Desember 2023.

Eko menjelaskan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari timur laut ke timur, dengan kecepatan angin antara 4 hingga 30 knot. Di wilayah Indonesia bagian selatan, pola angin umumnya bergerak dari tenggara ke barat daya, dengan kecepatan antara 4 hingga 20 knot. Ia mencatat bahwa kecepatan angin tertinggi tercatat di Samudera Hindia barat Aceh.

Menurut Eko, kondisi tersebut dapat menyebabkan peningkatan potensi gelombang dengan ketinggian antara 1,25 hingga 2,5 meter.  Ketinggian tersebut berada di perairan Selat Malaka bagian utara, Perairan Utara Sabang, Perairan Aceh, Perairan Enggano, Bengkulu hingga barat Lampung, Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Selatan Banten hingga Jawa Timur, Selat Bali - Badung Lombok - Selat Sumba Barat, Laut Sawu bagian selatan, dan Samudera Hindia Selatan Jawa hingga Pulau Sabu.
 



(SUR)

Berita Terkait