Puluhan Warga Alami Keracunan Usai Santap Hidangan Hajatan di Purwakarta

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat memantau kondisi korban keracunan makanan di Rumah Sakit Bayu Asih, Selasa (16/5/2023) malam. ANTARA/Ali Khumaini Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat memantau kondisi korban keracunan makanan di Rumah Sakit Bayu Asih, Selasa (16/5/2023) malam. ANTARA/Ali Khumaini

Purwakarta: Puluhan warga Kampung Cisaray, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengalami gejala keracunan makanan yang diduga karena menyantap hidangan saat hajatan.

"Dari laporan tim, warga Kampung Cisaray, Desa Sukajadi, Kecamatan Pondoksalam, itu merasakan gejala keracunan pada Selasa sore tadi," ucap Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan, di Purwakarta, dilansir dari Antara, Selasa, 16 Mei 2023.

Deni mengatakan, sebanyak 99 orang di Kampung Cisaray mengalami gejala keracunan, yakni, 67 orang mengalami gejala ringan dan 32 orang mengalami gejala berat.

Pihaknya segara melakukan sejumlah tindakan terhadap para korban, di antaranya melakukan pemeriksaan vital sign (tanda-tanda vital) dan memberikan obat simptomatis atau obat untuk meredakan gejala keracunan tersebut.

Selain itu, pihaknya mengeluarkan rujukan kasus serta penanganan korban. Pasien dengan gejala keracunan ringan menjalani rawat jalan di Puskesmas atau Posko Kesehatan Desa. Sementara, pasien dengan gejala berat dirujuk ke Rumah Sakit Bayu Asih Purwakarta.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika memastikan agar puluhan korban keracunan tersebut bisa mendapatkan pelayanan terbaik di berbagai fasilitas kesehatan Pemkab Purwakarta.

"Pelayanan tak hanya di Rumah Sakit Bayu Asih saja. Kita siapkan juga sejumlah fasilitas kesehatan seperti di Puskesmas Pondoksalam, Kota dan Puskesmas Jatiluhur," kata Anne, pda Selasa, 16 Mei 2023, malam.

Ia menerangkan, bagi korban yang tidak terdaftar di BPJS Kesehatan, Pemkab akan memfasilitasi biaya pengobatan para korban dengan anggaran dari Pemkab Purwakarta.

"Dalam kejadian ini, tidak ada yang meninggal dunia, hanya saja ada beberapa yang dirawat inap. Kita pastikan ini terlayani dengan baik," tambahnya. 



(SUR)

Berita Terkait