121 Warga Leuwisadeng Bogor Keracunan Makanan usai Tahlilan

Warga keracunan massal di Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Bogor) Warga keracunan massal di Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Bogor)
Kabupaten Bogor: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menerima informasi terkait keracunan yang dialami oleh 121 warga Desa Kalong II, Leuwisadeng. Keracunan terjadi setelah warga mengonsumsi makanan dalam acara tahlilan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor, Ade Hasrat, mengungkapkan peristiwa ini dilaporkan pada pagi Senin, 18 Desember 2023, setelah warga mengikuti acara tahlilan pada malam Minggu, 17 Desember 2023.

Ade Hasrat menyebutkan bahwa korban keracunan segera dilarikan ke puskesmas dan klinik setempat, sementara beberapa di antaranya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Leuwiliang.

"61 orang sudah dipulangkan, 60 masih dalam penanganan medis," kata Ade Hasrat dikutip dari Antaranews.com pada Selasa, 19 Desember 2023.

Camat Leuwisadeng, Rudi Mulyana, menjelaskan bahwa kasus keracunan massal ini telah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) karena melibatkan ratusan penderita.

Pemerintah Kecamatan Leuwisadeng bersama puskesmas setempat dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti dari kejadian keracunan massal tersebut.

(SUR)

Berita Terkait