Dinkes Bogor Lakukan Penanganan Pada Kasus Cacar Monyet Pertama di Parungpanjang

Kepala Dinkes Kabupaten Bogor drg Mike Kaltarina di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan) Kepala Dinkes Kabupaten Bogor drg Mike Kaltarina di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Bogor: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, telah menangani kasus pertama cacar monyet atau Mpox yang terjadi pada seorang warga asal Parungpanjang.

"Sudah ditindaklanjuti oleh pihak kita ya, jadi survei oleh tim kesehatan dan pasiennya juga sudah menjalani pengobatan," kata Kepala Dinkes Kabupaten Bogor drg Mike Kaltarina dilansir dari Antaranews.com, Kamis, 23 November 2023.

Mike menduga bahwa pasien laki-laki tersebut mungkin terinfeksi cacar monyet di luar Bogor, mengingat aktivitasnya yang lebih banyak di Kota Tangerang Selatan, Banten.

" Jadi itu kan yang bersangkutan kerjanya di Tangerang Selatan. Antisipasinya pasti kita lokalisasi dulu dan jangan lupa juga masyarakat untuk tetap PHBS (pola hidup bersih dan sehat) " kata drg Mike.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor, dr Agus Fauzi, menjelaskan bahwa pasien cacar monyet asal Parungpanjang masih dalam proses perawatan di salah satu rumah sakit di wilayah Tangerang Selatan.

Dinkes Kabupaten Bogor juga segera melacak lingkungan pasien cacar monyet asal Parungpanjang. Upaya ini dilakukan untuk meminimalkan penularan cacar monyet di wilayah Kabupaten Bogor.

Agus mengatakan bahwa langkah-langkah akan diambil untuk mengidentifikasi keluarga pasien, mempertimbangkan kemungkinan adanya gejala yang serupa.

Data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat bahwa kasus konfirmasi mpox umumnya terjadi pada kelompok masyarakat berorientasi seksual sesama jenis, terutama pada kaum laki-laki dengan kondisi penyerta HIV dan sifilis.



(SUR)

Berita Terkait