22.100 KPM di Bandung Tercatat Sebagai Penerima BLT Minyak Goreng

Ilustrasi minyak goreng. Foto: MI/Adi Kristiadi. Ilustrasi minyak goreng. Foto: MI/Adi Kristiadi.

Bandung: Sebanyak 22.100 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Bandung, Jawa Barat, bakal menerima bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng dari pemerintah pusat. Penerima BLT mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial.

"Ada 22.100 yang menerima bantuan BLT dari Kemensos. Itu yang masuk DTKA yang reguler," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung, Tono Rusdiantono, dilansir dari Medcom.id, Jumat, 15 April 2022.

Nantinya, tiap KPM akan menerima bantuan sebesar Rp300 ribu untuk tiga bulan atau Rp100 ribu setiap bulan. Penyaluran tersebut hingga kini masih berlangsung melalui PT Pos di beberapa titik, seperti kantor Pos di Asia Afrika dan Pasirkaliki.

"Sampai sekarang kurang lebih sudah sekitar 10 ribu yang tersalurkan. Didistribusikan melalui kantor Pos," ujar Tono.

Baca: Bulog Siapkan 1.000 Ton Kedelai Subsidi untuk Perajin Tahu Tempe di Cirebon

Tono mengatakan para penerima bantuan tersebut sebelumnya telah mendapat jadwal dari kelurahan untuk mengambil ke kantor Pos. Hal itu dilakukan untuk menghindari penumpukan saat pengambilan BLT minyak goreng.

"Pembagiannya seperti biasa koordinasi dengan lurah. Di lurah itu ada pendamping PKH (Program Keluarga Harapan)," tutur dia.

Dia memastikan pembagian BLT tersebut hingga kini berjalan aman dan terkendali. Sebab, Dinsos Kota Bandung melakukan pengawasan bersama instansi lainnya seperti Satpol PP agar tidak terjadi kerumunan di masa pandemi covid-19.

"Di Kota Bandung alhamdulillah aman dan terkendali. Dan sampai hari ini masih berlangsung, pembagian dimulai pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB," ujar Tono.



(UWA)

Berita Terkait