Total Utang Mahasiswa Korban Investasi Bodong Capai Rp2,3 Miliar, IPB Coba Cari Jalan Keluar

Sekretaris Institut Pertanian Bogor (IPB) University Dr Aceng Hidayat, di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ANTARA/M Fikri Setiawan Sekretaris Institut Pertanian Bogor (IPB) University Dr Aceng Hidayat, di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ANTARA/M Fikri Setiawan

Sejumlah mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) University menjadi korban penipuan investasi bodong. Sekretaris IPB University Dr Aceng Hidayat menyebut pihak kampus tengah mencari solusi untuk kasus yang diduga memiliki unsur penipuan tersebut.  

"Ada upaya untuk mengatasi persoalan itu (utang mahasiswa). Ini kan bukan murni pinjaman, tapi ada unsur penipuannya. Kami perlu membantu mahasiswa dalam masalah penipuannya tadi," kata Dr Aceng, dikutip dari Antara, Sabtu, 19 November 2022. 

Sebanyak 116 mahasiswa menjadi korban penipuan dengan total kerugian mencapai Rp2,3 miliar. Akibat penipuan itu para korban terjerat utang mencapai Rp20 juta.

Aceng menyebut dana yang dimiliki mahasiswa pada investasi bodong itu berasal dari platform peminjaman online seperti Akulaku, Shoppee Pay Later,seperti Shoppe Pay Later , Shopee Pinjam, Akulaku, dan Kredivo .

Saat ini tersangka penipuan investasi bodong itu, AS, 29, telah ditangkap oleh Polres Bogor.  AS diketahui telah menjalankan aksinya sejak 9 bulan lalu.

Mulanya, dia mengiming-imingi korban untuk berinvestasi di Toko online nya dengan pembagian keuntungan sebesar 10 persen. Namun, uang dari para korban malah digunakan AS untuk membeli barang pribadi, termasuk satu unit mobil. 

Satu unit mobil itu kini telah disita polisi sebagai barang bukti. Petugas juga telah memeriksa 10 saksi untuk mendalami kasus tersebut.

Baca Juga: Catat! Ini 6 Cara Agar Akun Twitter Terhindar dari Penipuan



(SUR)

Berita Terkait