Hujan Deras Jadi Penyebab Jembatan Ambruk di Tasikmalaya

Ilustrasi Jembatan Putus Medcom.id Ilustrasi Jembatan Putus Medcom.id

Dadali:  Hujan deras yang menguyur berbagai wilayah di Jawa Barat menyebabkan jembatan Cikembang dua, Desa Karyamandala, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, ambruk. Akibatnya Warga di tiga dusun terisolasi.
 
Kejadian tersebut terjadi, Selasa, 23 Novbember pagi. Ambruknya jembatan diduga tanah pondasi penahan jembatan tergerus aliran sungai di bawahnya.
 
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Irwan, mengatakan hujan deras yang terjadi sejak beberapa hari telah menyebabkan jembatan penghubung di tiga dusun itu ambruk tergerus aliran sungai. Jembatan kini hanya bisa dilintasi pejalan kaki.

Baca juga: Pemkot Depok Lakukan Revitalisasi Trotoar di Jalan Margonda

"Intensitas hujan tinggi di berbagai wilayah di Tasikmalaya telah menyebabkan banyaknya berbagai bencana. Di Kecamatan Salopa ada dua lokasi terjadi bencana antara lain jembatan ambruk dan Jalan desa tertutup material longsor sepanjang delapan meter dan tebal tanah satu meter hingga menyebabkan Dusun Cikembang 2 menuju Dusun Karyamandala terisolasi," kata Irwan, dilansir Medcom.id, Selasa, 23 November 2021.
 
Dia mengatakan ambruknya jembatan di lokasi tersebut sampai sekarang belum bisa dilintasi kendaraan. Petugas gabungan dari BPBD, TNI, dan Polri bersama warga berencana akan membuat jembatan darurat. Jembatan tersebut menjadi penopang aktivitas ekonomi warga sehari-hari.
 
"Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah desa terutamanya membuat jembatan darurat bagi akses warga," ujarnya.
 
Kepala Desa Karyamandala, Asep Nia Kusumah mengatakan, akses jalan dan Jembatan Cikembang 2 merupakan akses utama yang biasa dipergunakan masyarakat untuk keluar masuk ke pusat pemerintahan desa dan ke wilayah Kecamatan Salopa.



(NAI)

Berita Terkait