Sinergisitas Kepala Daerah dan Satgas Kunci Penurunan Kasus Covid-19

Ilustrasi covid-19. Medcom.id Ilustrasi covid-19. Medcom.id

Dadali:  Kasus terkonfirmasi covid-19 secara nasional perlahan terus menurun. Capaian itu dinilai berkat sinergi yang baik antara kepala daerah dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.
 
"Angka penurunan kasus covid-19 secara nasional tidak lepas dari kerja dan koordinasi para kepala daerah dengan Satgas Covid-19," kata pelaksana tugas (Plt) Direktur Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Arman Suparman, Rabu, 1 September 2021.
 
Dilansir dari Medcom.id, menurut Arman, kepala daerah yang juga sebagai  kepala Satgas Covid-19 otomatis menjalankan dua tugas itu secara sinergis. Prestasi ini patut menjadi pelecut untuk kepala daerah secara simultan menekan kasus covid-19 hingga titik paling optimal.

"Tentu kinerja Satgas Covid-19 ini bergantung pada kepemimpinan para kepala daerah," ujar dia.

Baca juga: PPKM Efektif, Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Melandai

Menurut dia, kinerja baik ini harus menjadi pelajaran bagi kepala daerah yang di wilayahnya masih terjadi kenaikan kasus covid-19.
 
Arman mengingatkan kepala daerah menjauhi kebijakan yang kontra produktif dengan penanggulangan covid-19. "Kepala daerah harus menjadi panglima di daerah masing-masing, bukan sebaliknya mengeluarkan kebijakan kontra dengan penanggulangan covid-19," ujar dia.
 
Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan hal yang senanda. Tren penurunan kasus covid-19 merupakan hasil kerja semua pihak. Terutama, kepala daerah bersama perangkatnya yang bekerja sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

"Selain itu berkat koordinasi yang baik pemerintah pusat dan daerah terjalin sehingga kebijakan pusat bisa diterapkan di daerah," kata Wiku.



(NAI)

Berita Terkait