Gempa Magnitudo 3,9 Guncang Kabupaten Bandung

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,9 mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar). Gempa terjadi pada pukul 05.23 WIB, Selasa, 12 Oktober 2021. 

Pusat gempa berada di 96 kilometer barat daya Kabupaten Bandung. Epicentrum gempa berada di koordinat 7,85 LS-107, 28 BT dan berkedalaman 29 kilometer. 

"Dalam kejadian itu tidak berpotensi tsunami," terang Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho, seperti dilansir dari Medcom.id, Selasa, 12 Oktober 2021.

Jika memperhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrum, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa ini disebabakan aktivitas sesar di laut pada bagian dalam dari lempeng Eurasia.

Berdasarkan laporan dari masyarakat dan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, gempa bumi dirasakan dapat dirasakan di wilayah Garut dengan skala intensitas II- III Modified Mercalli Intensity (MMI). Walau tak terlalu besar, masyarakat tetap diminta berhati-hati.

Menurutnya, masyarakat harus memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa. Warga harus memastiian tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang telah terjadi.
 
"Sampai sekarang ini kami belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," papar Hendro.



(RAO)

Berita Terkait