5 Cara Memaksimalkan Dekorasi Agar Rumah Terlihat Luas

Dekorasi rumah kecil. Foto: Shutterstock Dekorasi rumah kecil. Foto: Shutterstock

Dadali:  Memiliki hunian mungil tentu memiliki plus dan minus, walau begitu, sebenarnya banyak trik untuk membuat rumah mungil Anda terlihat lebih lega. Dengan dekorasi yang tepat Anda bisa membuat hunian terlihat lebih luas dan indah untuk dipandang.
 
Tentu memilih dekorasi yang tepat untuk rumah mungil menjadi  tantangan. Dihimpun dari Medcom.id, berikut ini tips dekorasi rumah sempit agar terlihat luas:

1. Gunakan cermin

Cara pertama dengan menggunakan cermin, karena cermin menciptakan ilusi optik yang membuat ruangan kecil seolah terlihat lebih luas. Ukur dinding ruangan Anda. Kemudian, pasang cermin seukuran dinding. Dengan demikian, ruangan rumah akan tampak dua kali lebih luas.

Baca juga: Perlukah Menceritakan Masa Kelam Kepada Pasangan? Simak Penjelasannya dalam Islam

2.  Perhatikan furnitur

Jangan membeli furnitur tanpa mempertimbangkan kebutuhan dan luas ruangan. Ketika ruangan di rumah sudah terasa sesak, ini saatnya Anda mempertimbangkan mengeluarkan perabot yang tidak diperlukan.

3. Buat jendela besar

Peran jendela cukup penting dalam sebuah hunian. Selain berfungsi sebagai ventilasi udara dan cahaya matahari, keberadaan jendela dapat memberikan kesan ruangan lebih luas. Rumah dengan jendela besar memberikan kesan lega dan tidak sumpek. Rumah yang bermandikan cahaya matahari pagi juga lebih sehat ketimbang rumah yang gelap dan lembab.

4. Jangan berlebihan

Bila luas rumah Anda terbatas, optimalkan dekorasi ruangan. Anda dapat memasang rak buku, rak baju, rak sepatu pada dinding. Ingat untuk tidak berlebihan memasang hiasan dinding seperti lukisan dan foto. Terlalu banyak hiasan akan mengesankan ruangan sempit.

5. Gunakan warna cerah

Cat memengaruhi tampilan rumah secara keseluruhan. Untuk mendapatkan kesan ruangan lebih luas, pilih cat yang berwarna cerah. Warna putih paling direkomendasikan untuk menghasilkan tampilan ruangan luas dan bersih. Anda juga dapat mengaplikasikan warna netral lainnya, seperti abu-abu, krem, dan beige.



(NAI)

Berita Terkait